Salin Artikel

Arus Lalu Lintas di Tol Cileunyi Padat sejak Sabtu Dini Hari, 38.823 Kendaraan Mulai Masuk Kawasan Selatan Jabar

Pantauan Kompas.com, Sabtu (30/4/2022) atau H-2 dini hari, terjadi kepadatan di depan Gerbang Tol Cileunyi menuju kawasan Rancaekek-Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Rislam Harfian mengatakan, kepadatan yang terjadi, bertepatan dengan pergantian shift PT Kahatex.

"Hasil pantauan dari tadi, kebetulan memang jam nya jam bubaran Kahatex dan sepertinya ada peningkatan, sehingga ada perlambatan ke Underpas arah Nagregnya, lanjut ke Garut," katanya ditemui di Pos Terpadu Cileunyi, Sabtu (30/4/2022).

Selain itu, penyebab kepadatan di Gerbang Tol Cileunyi, lantaran pertemuan dua arus dari arah underpass dengan jalur arteri arah Cibeusi, Jatinangor.

"Kebetulan setelah underpass banyak tempat jajanan juga oleh-oleh, terjadi kepadatan karena banyak pengendara yang parkir tak beraturan," tuturnya.

Kepadatan tersebut, kata dia membuat arus lalu lintas Gerbang Tol Cileunyi mengalami peningkatan 10 persen.

"Memang terjadi peningkatan 5 sampai 10 persen, jumlahnya ribuan kami belum mendata, tapi kalau di perhatikan malam ini meningkat," jelasnya.

Mengurai kepadatan tersebut, petugas telah melakukan beberapa hal. Mulai dari menurunkan tim pengurai dari Lantas dan Sabhara, hingga berkoordinasi dengan Polres Sumedang.

"Kita lakukan kanalisasi, baik di underpass sampai jalur arteri. Sehingga kedua arus tidak ketemu dan tetap bisa melaju. Kemudian di Kahatex, karena itu wilayah Sumedang, kami sudah lakukan koordinasi," kata dia.

Adanya kepadatan tersebut, Rislam membenarkan H-3 pemudik dari belbagai daerah sudah mulai memasuki Tol Cileunyi sehingga arus di kawasan Nagreg pun akan mengalami kepadatan.

"Tentu, pemudik sudah mulai ramai, termasuk Tol Cileunyi akan semakin di padati. Kami prediksi hari ini akan semakin bertambah, mudah-mudahan akan berjalan lancar," kata Rislam.

38.823 Kendaraan Keluar Tol Cileunyi

Sementara data dari Jasa Marga, angka kendaraan mengalami peningkatan. Tercatat kendaraan yang keluar dari Tol Cileunyi mengalami peningkatan sebanyak 6.000 kendaraan

Kamis (28/4/2022) atau H-2 selama satu hari tercatat kendaraan yang keluar mencapai angka 36.000.
Sedangkan, Jumat (29/4/2002) atau H-3, tercatat 38.823 kendaraan keluar dari Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/30/065548178/arus-lalu-lintas-di-tol-cileunyi-padat-sejak-sabtu-dini-hari-38823-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke