Salin Artikel

H-1 Lebaran, Arus Mudik di Tol Jakarta-Cikampek Ramai Lancar

KARAWANG, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar pada H-1 Lebaran, Minggu (1/5/2022).

Pantauan Kompas.com di Kilometer 57 Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 11.30 WIB, arus lalu lintas tampak ramai lancar. Kendaraan didonimasi mobil pribadi dan bus.

Dilansir dari akun Twitter Jasamarga, @ptjasamarga, rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap masih diberlakukan mulai Kilometer 70 GT Cikampek Utama hingga Kilometer 414 GT Kalikangkung. Jalur satu arah dikhususkan bagi kendaraan kecil arah menuju Semarang.

Adapun di Kilometer 47 hingga 70 tengah ada pengangkatan rambu contraflow dari arah Karawang Barat di jalur kanan.

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Suntana menyebut, pada hari ini, Minggu (1/4/2022), diprediksi tak akan ada peningkatan arus mudik secara signifikan.

Suntana mengatakan, berdasarkan data statistik, puncak arus mudik sudah terjadi pada 28 hingga 30 April 2022. Namun, masih akan ada sebagian kecil masyarakat yang akan mudik melalui jalur tersebut, baik pada jalur tol maupun arteri.

"Kemungkinan (Minggu, 1/4/2022) tidak akan mengalami kenaikan cukup berarti," kata Suntana.

Sementara itu, pada Jumat (29/4/2022), jumlah kendaraan yang melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek sebanyak 105.000 kendaran. Sedangkan pada Sabtu (30/4/2022), jumlah kendaraan yang keluar dari GT Cikampek Utama sekitar 81.000.

Meski demikian, kata Suntana, kepolisian bersama pihak terkait akan terus bersiaga sampai arus mudik dan balik selesai.

"Akan tetap kita jaga," ucapnya.

Suntana mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan mudik untu tertib berlalulintas demi keselatan bersama. Selain itu, pemudik diimbau untuk beristirahat jika sudah merasa lelah, dan tidak membawa barang berlebihan.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi dana penghargaan kepada masyarakat yang melakukan mudik melalui wilayah Polda Jawa Barat atas kedisiplinan kesabaran dan mematuhi lalu lintas," ungkapnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/01/130731578/h-1-lebaran-arus-mudik-di-tol-jakarta-cikampek-ramai-lancar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke