Salin Artikel

Puncak Bogor Macet Parah, Rekayasa "One Way" Diberlakukan Lagi, Jalan ke Jakarta Ditutup

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Polisi kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (4/5/2022) atau hari ketiga Lebaran.

Kebijakan satu arah tersebut diberlakukan sejak pukul 07.30 hingga waktu yang tidak ditentukan.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, sistem satu arah atau one way ini diberlakukan untuk mengurai kemacetan yang saat ini terjadi di jalur Puncak Bogor.

"Volume kendaraan yang mengarah ke Puncak sudah padat, sehingga kami harus melaksanakan one way ke arah atas," kata Iman di Pospol Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022).

Ia mengungkapkan bahwa rekayasa one way merupakan upaya mengurai kendaraan yang terhenti akibat meningkatnya volume wisatawan yang menuju ke atas Puncak.

Menurut dia, polisi harus menghentikan kendaraan roda empat di sekitar Taman Safari hingga Puncak Pass. Kendaraan roda empat yang hendak menuju Jakarta untuk sementara dihentikan atau jalur ke Jakarta ditutup.

Pasalnya, saat ini arus kendaraan yang mengarah ke atas perlu diprioritaskan karena kondisinya Simpang Gadog sangat padat. Artinya, kata dia, sistem satu arah tersebut hanya berlaku untuk kendaraan ke arah atas atau menuju Puncak Pass Cianjur.

Ganjil genap tidak dilakukan

Adapun sistem ganjil genap, sambung Iman, tidak akan dilakukan saat ada potensi kepadatan kendaraan.

Hal itu untuk menghindari kemacetan karena pemutarbalikan kendaraan yang tidak sesuai.

"Sampai dengan habis yang dari bawah (kepadatan kendaraan), baru nanti siang seperti kemarin kami berlakukan dari jam 2 sampai jam 5 sore, yaitu one way arah bawah (dari Jakarta)," ungkapnya.

Iman mengimbau kepada masyarakat yang akan menuju wilayah Cianjur ataupun Bandung bisa melalui jalur alternatif melalui Cibubur, Jonggol, Cariu.

Ia berharap kepada masyarakat untuk dapat mengikuti aturan yang berlaku serta mengikuti arahan petugas di lapangan.

"Untuk menghindari kepadatan yang lebih parah di wilayah Puncak ini, kami sarankan melalui jalur alternatif," ujarnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/04/115515278/puncak-bogor-macet-parah-rekayasa-one-way-diberlakukan-lagi-jalan-ke-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke