Salin Artikel

Berdiri Berjam-jam di Bus, Pemudik Asal Garut Pingsan di Padalarang KBB

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Seorang pemudik dari Cianjur dengan tujuan Garut pingsan di tengah perjalanan.

Pemudik tersebut bernama Arlin Darfah (23). Ia hendak mudik menuju kampung halamannya di Garut bersama ibu dan adiknya.

Namun tiba-tiba, korban tak sadarkan diri saat bus yang ia tumpangi melintas di Simpang Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (4/5/2022).

"Dilaporkan satu pemudik mengalami pingsan saat perjalanan mudik menuju Garut. Korban pingsan saat bus Doa Ibu yang ia tumpangi hendak masuk Tol di Padalarang," ujar Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Ceceng Sukandi di lokasi.

Menurut Ceceng, satu keluarga itu kelelahan saat melakukan perjalanan dari Cianjur. Sesampainya di Padalarang, korban dehidrasi sehingga badannya melemah dan pingsan.

"Dari diagnosa sementara, korban mengalami dehidrasi. Sekeluarga yang terdiri dari ibu dan dua anak ini gak kebagian tempat duduk. Mereka berdiri dari Cianjur sampai Padalarang," kata Ceceng.

Saat kejadian, Petugas dari BPBD dibantu sejumlah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) KBB melakukan penanganan medis.

"Sudah dilakukan penanganan medis di posko PMI. Korban diberi oksigen dan air teh untuk memulihkan fisiknya," papar Ceceng.

Setelah korban pulih, satu keluarga ini diizinkan kembali melanjutkan perjalanan mudiknya. Mereka kemudian beralih menggunakan travel menuju Garut.

"Kepada para pemudik diimbau memerhatikan kesiapan fisik saat perjalanan mudik. Jangan memaksakan diri jika kelelahan," tutupnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/04/182448978/berdiri-berjam-jam-di-bus-pemudik-asal-garut-pingsan-di-padalarang-kbb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke