Salin Artikel

Hari Terakhir Pengamanan Jalur Mudik, Polres Garut Terbangkan 3 Paramotor Sampaikan Pesan Ini

GARUT, KOMPAS.com - Pada hari terakhir Operasi Ketupat Lodaya, Polres Garut menerbangkan tiga paramotor untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, isi pesan tersebut berkaitan dengan tertib berlalulintas dan pelaksanaan one way pada jalur arus balik Lebaran.

Wirdhanto menjelaskan, paramotor akan menyapa pemudik di dua jalur utama yaitu di jalur Malangbong-Limbangan dan yang melintasi perkotaan Kota Garut.

"Ketinggian terbang antara 15 sampai 20 meter, agar pesan-pesan yang disampaikan bisa terbaca," beber Wirdhanto di Garut, Senin (9/5/2022).

Meski hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan operasi Ketupat Lodaya, Wirdhanto mengungkapkan, pengamanan jalur akan terus dilakukan untuk pengamanan keselamatan berlalulintas.

Seperti diketahui, sebanyak 170.000 kendaraan roda dua dan empat, melintasi Limbangan-Malangbong dan Leles-Kadungora, Kabupaten Garut, pada puncak arus balik, Kamis (5/5/2022).

"Puncak arus balik terjadi pada tanggal 5 Mei, itu adalah jumlah kendaraan terbesar yang menuju Barat," beber Wirdhanto. 

Dari pantauan Kompas.com di ruas jalan raya Limbangan-Malangbong yang jadi jalur utama arus mudik di Selatan Pulau Jawa, arus lalulintas terpantau masih padat dengan antrean di sejumlah titik rawan kemacetan seperti di Pasar Limbangan dan pertigaan jalan.

Aparat kepolisian terlihat mengurai antrean kendaraan dengan memberlakukan one way sepenggal di titik-titik rawan kemacetan seperti di Pasar Limbangan.

Sementara di ruas jalan raya Leles-Kadungora, arus lalu lintas terpantau lebih landai dan terbilang normal.

Pengalihan arus kendaraan ke jalur-jalur alternatif seperti jalan alternatif by pass Kadungora dan Leles, dilakukan secara insidentil saat antrean kendaraan terbilang panjang.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/09/183536378/hari-terakhir-pengamanan-jalur-mudik-polres-garut-terbangkan-3-paramotor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke