Salin Artikel

PMK Serang Domba Garut, Laga Ketangkasan dan Pasar Hewan Dihentikan Sementara

GARUT, KOMPAS.com - Pascakasus PMK yang menyerang domba Garut di dua kecamatan di Garut, semua laga ketangkasan domba Garut dan ajang latihan ketangkasan, dihentikan sementara.

"Untuk sementara, kegiatan seni ketangkasan ditangguhkan, dihentikan dulu. Karena itu akan mengundang wabah, karena ada mobilitas satwa," jelas Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut, Sofyan Yani, Jumat (13/05/2022). 

Sofyan menuturkan, dalam laga ketangkasan domba atau latihan ketangkasan, ada pergerakan satwa dari berbagai tempat berkumpul di satu titik tanpa tahu kondisi kesehatan satwanya. Karenanya, kegiatan tersebut sementara dihentikan berikut kegiatan pasar hewan.

Sofyan mengaku, belum tahu pasti sampai kapan aturan ini diberlakukan, jika penyebarannya meningkat, bisa saja penghentian kegiatan ini berlangsung lama.

"Nanti lihat tingkat morbilitasnya sampai sejauh mana," tutur dia.

Sofyan mengaku, tingkat penyebaran PMK pada domba, tidak terlalu massif. Karena sampai saat ini pun, jumlah satwa yang terpapar terbilang kecil.

Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Garut, Riki Muhammad Sidiq mengakui, seni ketangkasan dan latihan ketangkasan domba, untuk sementara dihentikan.

"Semua pengurus, harus menyetop dulu semua kegiatan, ataupun kontes ternak domba," kata Riki yang juga anggota DPRD Kabupaten Garut.

Riki menuturkan, dalam waktu dekat ini sebenarnya sudah ada rencana kegiatan seni ketangkasan.

Bahkan, tiap minggu selalu ada ajang latihan. Semua kegiatan tersebut, untuk sementara akan dihentikan.

"Ada empat pamidangan (tempat latihan) yang buka tiap hari minggu, tapi hari ini setelah ngobrol dengan dinas dan ada instruksi dari provinsi, kita akan buat surat edaran agar ditutup sementara," katanya.

Riki mengaku pihaknya menggandeng aparat kepolisian. Jika masih ada ajang seni ketangkasan atau latihan, diminta untuk dibubarkan.

Riki mengakui, penghentian kegiatan seni ketangkasan, kontes ternak dan latihan menimbulkan kerugian besar bagi para peternak domba, termasuk pedagang kecil yang hidup dari event-event tersebut.

"Banyak pemilik domba, termasuk pengurus pun keberatan, karena memang penghasilan yang didapat dari situ, tapi sekarang mau tidak mau, agar tidak meluas, dihentikan sementara," ucap dia.

Riki melihat, dari tiap ajang seni ketangkasan, latihan hingga kontes, ada perputaran uang yang jumlahnya mencapai puluhan juta. Karena ajang-ajang tersebut, menjadi tempat jual beli domba.

"Dari seni ketangkasan itu, yang jual domba di lapang, ada pedagang-pedagang kecil," katanya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/13/165206578/pmk-serang-domba-garut-laga-ketangkasan-dan-pasar-hewan-dihentikan-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke