Salin Artikel

Pasien RSHS Bandung Meninggal Diduga akibat Perawat Lalai Ganti Oksigen, Pihak RS Membantah

KOMPAS.com - Pasien Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, bernama Asih Sekarningsih (34) meninggal dunia usai menjalani perawatan.

Asih merupakan pasien kanker kulit stadium akhir. Ia dirawat di RSHS Bandung sejak Rabu (11/5/2022).

Namun, keluarganya menyebutkan bahwa Asih kehabisan oksigen saat dirawat.

Suami Asih, Arif Susanto, mengatakan, ketika keluarga meminta penggantian tabung oksigen kepada perawat, tetapi perawat tak segera bertindak.

Kejadian ini sempat direkam dalam video yang kemudian viral di media sosial.

Bantahan RSHS Bandung

Pelaksana harian (Plh) Direktur Utama RSHS Yana Akhmad membantah pernyataan Arif yang menyebutkan bahwa perawat lalai menangani pasien.

Yana menuturkan, berdasarkan analisis pada video viral tersebut, oksigen untuk Asih tidak habis. Ini terlihat dari indikator angka pada tabung.

"Kalau dilihat dari tabungnya yang terlihat ada angka-angka yang menunjukkan berapa volume oksigen, di situ jadi tidak kosong,” ujarnya dalam konferensi pers daring, Jumat (20/5/2022).

Selain itu, kata Yana, masker yang dipakai pasien juga masih menggembung.

"Ada tabung-tabung oksigen, ada masker yang dipakaikan kepada pasiennya, dan ada salurannya maskernya, itu masih menggembung, artinya masih berisi udara," ucapnya.

Yana menerangkan, RSHS telah memberikan pelayanan sesuai prosedur terhadap pasien, khususnya Asih.

"Dari pasien datang di IGD, kemudian kami memberikan pelayanan atau perawatan di rawat inap, sampai pasien meninggal pun, itu yang kami berikan sesuai standar, sesuai prosedur," ungkapnya.

Menurut Yana, karena kondisi penyakit pasien cukup serius, perawat menempatkan pasien sesuai kondisi kegawatdaruratannya.

"Dalam ruang perawatan pasien itu tabung oksigen sudah disiapkan untuk mengantisipasi tabung oksigen yang digunakan habis, bisa terlihat di video. Selanjutnya keluarga pasien sejak di IGD kami sampaikan prosedur SOP yang standar di kami, sudah dijelaskan, diedukasi, mengenai kondisi pasien sebenarnya," paparnya.

Pihak RSHS pun menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Asih.

Asih Sekarningsih divonis kanker kulit stadium akhir sejak Juli 2021.

Suami Asih, Arif Susanto, menuturkan, istrinya sempat beberapa kali mengalami kehabisan oksigen saat dirawat di RSHS Bandung.

Ketika menjaga istrinya seorang diri pada Sabtu (14/5/2022), Arif sempat meminta petugas untuk mengganti tabung oksigen karena hampir habis. Akan tetapi, terangnya, petugas jaga kurang responsif.

"Jadi memang lama penanganan dari petugas. Ada yang tidur petugasnya pas saya minta ganti oksigen," jelasnya, Jumat.

Hal serupa terjadi pada Selasa (17/5/2022).

Orangtua Arif mendatangi ruang perawat untuk meminta penggantian oksigen. Namun, ia menilai perawat lamban dalam menangani keluhan pasien.

"Perawat hanya bilang entar (nanti). Pas oksigen habis, istri saya langsung kritis," bebernya.

Menurut Arif, kondisi tersebut mengakibatkan istrinya meninggal dunia.

"Hanya bilang 'oh' saja. Pas cek istri oksigen habis dan sudah tidak tertolong. Jadi sebelum diganti oksigennya, sudah meninggal," tandasnya.

Arif kemudian merekam kejadian itu di kamar pasien. Ia juga sempat bersitegang dan membuat suasana ruang perawatan menjadi riuh.

"Kita lihat gara-gara petugas nih. Petugas lalai. Punten gimana pak, lihat istri saya itu. Udah dibilangin, udah habis gasnya malah... Pokoknya kalau ada apa-apa sama istri saya, kalian semua saya tuntut," tutur Arif dalam video viral yang beredar.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani | Editor: Gloria Setyvani Putri)

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/21/130000278/pasien-rshs-bandung-meninggal-diduga-akibat-perawat-lalai-ganti-oksigen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke