Salin Artikel

Pangandaran dan Kebun Raya Bogor Jadi Destinasi Paling Banyak Dikunjungi Selama Libur Lebaran

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, Pantai Pangandaran dan Kebun Raya Bogor jadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi masyarakat selama libur lebaran.

Berdasarkan data, kenaikan kunjungan dua tempat wisata itu mencapai 175 persen dibandingkan hari biasa.

"Rata-rata 84,7 persen. Karena ada daerah yang sangat tinggi dan rendah. Untuk yang favorit bisa mencapai 175 persen seperti destinasi favorit Pantai Pangandaran, Kebun Raya Bogor,," katanya di acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/5/2022).

Sementara destinasi favorit lain banyak yang mencapai 100 persen karena mengikuti aturan PPKM dan zonasi. Benny mencontohkan Taman Safari Bogor.

"Itu kalau sudah 100 persen selesai karena mengikuti aturan, yang jadi masalah di Pangandaran dan Kebun Raya Bogor," ujarnya.

Lanjut Benny, ledakan pengunjung turut mendongkrak pada tingkat okupansi hotel yang mencapai 100 persen. Dia mencontohkan Pangandaran yang dipenuhi pengunjung yang sangat tinggi.

"Pangandaran sampai mobil susah bergerak, hari pertama, kedua, ketiga padat," katanya.

Benny menuturkan kepadatan ini membuat upaya penegakan protokol kesehatan di destinasi favorit sulit. Berbeda dengan hotel atau theme park yang lebih tertib.

Meski demikian, Benny bersyukur pasca-Lebaran angka Covid-19 di Jabar masih terkendali. Menurutnya tingginya warga yang sudah divaksinasi membuat Covid-19 terkendali meski protokol kesehatan kendur.

"Yang sulit ini wisatawan di Jabar selatan, ini padatnya luar biasa seperti di Pantai Santolo, Sayang Heulang Garut, destinasi favorit untuk wisatawan lokal ini agak sulit dikendalikan," tuturnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/24/181732778/pangandaran-dan-kebun-raya-bogor-jadi-destinasi-paling-banyak-dikunjungi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke