Salin Artikel

Ohin, Korban Longsor Nagreg Sabar Menunggu Perbaikan Rumah Saat Kakinya Lumpuh

BANDUNG, KOMPAS.com - Sudah 20 tahun lebih, Ohin (62) warga Kampung Pasir Huut, RT 04 RW 08, Desa Bojong, Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengalami lumpuh.

Selama kurun waktu itu pula, ia sudah tak tahu lagi situasi dan kondisi di luar rumahnya. Sehari-hari, Ohin hanya bisa tidur terlentang di rumahnya yang seluas 5x4 meter.

Apalagi pasca longsor yang memporak pondakan rumahnya pada Minggu (13/3/2022) lalu, ia hanya bisa berdiam di tengah rumah dan terasnya.

Pasalnya tembok bagian dapur dan kamar mandinya rubuh tertimpa material longsor.

Saat longsor terjadi dua bulan lalu, Ohin baru selesai mandi. Kemudian ia mendengar suara ledakan.

Hanya hitungan detik, tiba-tiba material batu, tanah, air dan lumpur menimpa sebagian rumahnya.

Karena kondisi lumpuh, ia hanya bisa bergerak menyeret badan dengan kedua tangannya menuju ruang tengah dan kemudian menutupi tubuhnya dengan selimut karena ketakutan.

"Saya aja kena lumpur dan airnya, kan waktu itu hujan. Gak lama, saya minta tolong ke saudara saya, kemudian saudara datang dan kaget ada longsor," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

Melihat kondisi rumahnya yang roboh akibat longsor dan tak kunjung diperbaiki, Ohin mengaku hanya bisa pasrah dan menunggu tergeraknya hari pemerintah setempat atau pemerintah daerah (Pemda).

"Saya kan tidak bisa kemana-mana, jadi minta bantuan saja, modal tidak punya, sampai sekarang pemerintah desa tidak ada," kata dia.

Kepada Kompas.com, Ohin merasa terharu Pimpinan Daerah seperti Bupati Bandung sempat turun dan melihat kondisi longsor dan warga yang terdampak.

Namun ia kecewa, Bupati tak menepati janjinya. Saat itu, kata dia, Bupati Bandung memerintahkan jajarannya untuk segera mengangkut material longsor dan segera memperbaiki rumah yang terdampak.

"Waktu Bupati datang bilang harus segera diperbaiki, karena mau menghadapi bulan suci Ramadan, tapi sampai sekarang belum ada, bahkan gundukan meterial pun masih gitu aja," ujar dia.

Sementara pemerintah setempat hanya meminta ia dan warga yang terdampak lainnya untuk terus bersabar.

"Ya diminta sabar terus, udah mah kondisi saya kaya gini, tinggal sendirian, saya harus terus diminta sabar, saya cuma bisa pasrah aja," ungkapnya.

Ohin hanya bisa berterima kasih pada masyarakat yang sudah mau gotong-royong membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) dan rumah terdampak secara swadaya.

"Tapi ini dibenerin malah sama Ormas, bahkan materialnya baru diangkut Minggu kemarin karena jalan terhambat, selama dua bulan lebih kondisi kaya gini terus" tambahnya.

Tak pernah dapat bantuan dari desa, kecamatan, dan Pemda

Selain harus menunggu sampai jangka waktu yang tak ditentukan ihwal perbaikan rumahnya. Ohin mengaku tak pernah mendapat bantuan dari pihak pemerintah setempat.

"Saya terus terang saja, saya dapet bantuan dari BLT aja dari pemerintah pusat. Dana desa kaya sembako atau apa gak ada saya mah. Anehnya yang sehat pada dapet beras juga dapet. Saya gak dapet banget," ungkapnya.

"Sempat ada pertanyaan dari Camat mengapa gak dapet bantuan dari Desa atau yang lainnya, saya jawab gak tau, seperti biasa bilang "sebentar lagi ada" dan sabar," tutur dia.

Apalagi saat bulan puasa kemarin, bantuan dari pemerintah tak kunjung datang ke rumahnya.

"Waktu bulan puasa mah sempat gak ada jujur saja saya kebingungan. Saya bulan puasa gini aja keadaanya, gak bisa jalan kemudian rumah rusak belum diperbaiki," tuturnya.

Ditanya terkait, bantuan untuk pengobatannya, Ohin mengaku belum pernah mendapatkan. Selama ini, ia hanya mengandalkan tukang urut saja.

"Berawal dari rematik, dan kedinginan, waktu itu kan di sini sering nyangkul, mikul kan berat, ngumpulin kayu bakar atau apapun. Dulu pernah di urut sering, bahkan sempat bisa jalan, tapi kembali lagi seperti ini, gak bisa jalan lagi," terangnya.

Kendati sudah dari usia 30 tahun mengalami lumpuh, baginya pantang untuk meminta selagi masih mampu.

Meski hanya menggunakan tangannya untuk beraktivitas, demi menutupi kehidupan sehari-hari Ohin berdagang ala kadarnya.

"Sekarang sambil jualan, kopi dan rokok, modalnya kecil kecilan aja. Ini buka dari bantuan apapun, gak pinjem dari siapa pun," ungkap.

Kini Ohin hanya bisa menunggu itikad baik dari pemilik kebijakan. Selain itu, ia juga mesti meredam rasa khawatirnya sendirian di rumah yang luasnya tak seberapa.

"Belum menikah, jadi gak punya anak karena lumpuh ini, jadi saya tinggal sendirian di sini," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/24/215341678/ohin-korban-longsor-nagreg-sabar-menunggu-perbaikan-rumah-saat-kakinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke