Salin Artikel

Mulai Siang ini hingga Besok, Ganjil Genap Diterapkan di Puncak Bogor

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Polisi kembali menerapkan rekayasa lalu lintas sistem ganjil genap di Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat mulai Selasa (31/5/2022) pukul 14.00 WIB.

Sistem ganjil genap berdasarkan nomor polisi kendaraan ini berlaku mulai Selasa (31/5/2022) hingga Rabu (1/6/2022) atau selama dua hari.

"Ya betul, kita laksanakan mulai hari ini dari pukul 14.00 sampai di tanggal merah besok pukul 24.00," kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (31/5/2022).

Pemberlakuan sistem ganjil genap tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan lonjakan kendaraan pada momen hari libur nasional atau Peringatan Hari Lahir Pancasila, Rabu 1 Juni 2022.

Kebijakan sistem ganjil genap ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021.

Sesuai dengan Permenhub, ganjil genap biasanya dimulai pada Jumat mulai pukul 14.00 WIB sampai Minggu pukul 24.00 WIB.

Namun, kata Ketut, karena ada hari libur nasional atau tanggal merah maka diberlakukan lebih awal.

"Ya tetap kita menyesuaikan dengan peraturan Permenhub No 84 itu, untuk tanggal merah itu gage kita siapkan mulai pukul 13.00 WIB, setelah itu kita terapkan mulai pukul 14.00 WIB siang ini, sampai berlaku besok pukul 24.00 WIB," ujar Ketut.

Adapun aturan penerapan ganjil genap ini masih sama seperti sebelumnya. Sistem ganjil genap ini mengharuskan kendaraan untuk menyelaraskan pelat nomor pada tanggal di kalendar.

Penentuan ganjil genap tersebut merujuk pada angka terakhir nomor polisi kendaraan.

Selain ganjil genap, sambung Ketut, pola rekayasa lalu lintas satu arah atau one way juga akan diberlakukan di sepanjang jalur wisata tersebut.

Untuk sistem satu arah atau one way ini akan diterapkan secara kondisional alias melihat kondisi lapangan.

"Jadi yang mau berlibur ke Puncak Bogor siang ini harus menyesuaikan waktu keberangkatan dengan ketentuan ganjil genap," jelas Ketut.

https://bandung.kompas.com/read/2022/05/31/110112578/mulai-siang-ini-hingga-besok-ganjil-genap-diterapkan-di-puncak-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke