Salin Artikel

Pemprov Jabar Bakal Fasilitasi Siswa Tak Mampu Masuk Sekolah Swasta Gratis

"Tahun ini kita bikin program sekolah swasta peduli dhuafa, kemungkinan akan ribu-ribu anak dhuafa yang nanti sekolahnya di swasta tidak perlu bayar sama sekali selama satu sampai tiga tahun. Nah ini gotong royong yang luar biasa," ujar Emil, sapaannya, di Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/6/2022).

Emil mengatakan, tahun lalu baru 70 siswa dari keluarga tidak mampu yang mendapat fasilitas sekolah gratis di lembaga pendidikan yang dikelola yayasan atau swasta.

Pada tahun ini jumlah itu bisa berkali lipat karena ada ratusan sekolah yang bergabung dalam program KETM.

"Hasil hitungan kita tadi saja satu kota sudah 700-an kursi gratis. Kalikan 27 (kota dan kabupaten) saya asumsikan kan beribu-ribu di atas 5.000 kira-kira," katanya.

Emil pun berkomitmen untuk menjadikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini paling adil dan transparan. 

Dia juga mendesain pemerataan pendidikan bagi semua kalangan.

"Mau sekolah negeri swasta sama saja, kesuksesan tidak selalu diukur oleh sekolah formal," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi menuturkan, sejak tahun lalu telah berupaya agar yayasan atau sekolah swasta juga turut membantu menggratiskan sekolah bagi warga kurang mampu.


Untuk tahun ini, Dedi kembali mengajak seluruh cabang dinas untuk membuka Program Sekolah Swasta Peduli Kaum Dhuafa dan KETM.

"Ternyata, ketika tadi (pertemuan) virtual, ada 21 sekolah dan yayasan SMA/SMK swasta di Kota Bandung dengan total kuotanya mencapai 748 kursi, mereka siap menampung dan menggratiskan warga miskin selama tiga tahun," katanya.

Menurut Dedi, kolaborasi seperti ini akan menjadi solusi besar dalam pemerataan pendidikan di Jawa Barat.

"Karena di masa pandemi Covid-19 ini, yang miskin bertambah banyak, artinya ada warga miskin baru, sementara jumlah sekolah negeri juga terbatas, maka harus dibuka inovasi tersebut," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/07/144421078/pemprov-jabar-bakal-fasilitasi-siswa-tak-mampu-masuk-sekolah-swasta-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke