Salin Artikel

Papan Nama Markas Khilafatul Muslimin di Gang Sempit Kota Cimahi Dicabut

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Papan nama markas Khilafatul Muslimin Wilayah Priangan yang berdiri di depan bangunan sebuah musala di Kota Cimahi hilang.

Markas Khilafatul Muslimin sendiri berada di sebuah gang sempit di Jalan Sadarmanah, Gang Unjani nomor 33 B, RT 05 RW 06, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Dari pantauan Kompas.com, musala yang biasa digunakan sebagai sekretariat berkumpulnya para jemaah Khilafatul Muslimin itu kini sepi tanpa kegiatan.

Hanya ada sebuah kendaraan roda dua yang terparkir dengan kunci menggantung di pintu musala. Namun, tak ada papan nama yang terpasang seperti sebelumnya.

Setelah ditelusuri, papan nama yang bertuliskan Khilafatul Muslimin Wolayah Priangan di depan musala itu sudah dicabut oleh seseorang.

"Betul, plang (Khilafatul Muslimin) sudah dicabut. Kalau enggak salah (dicabut) hari Sabtu (4/6/2022) kemarin. Yang mendampingi Pak RT, kalau saya hanya menerima laporannya saja," ujar Ketua RW 06 Asep Saefudin.

Markas tersebut dijaga oleh seorang warga setempat bernama Ajat Sudrajat, ia biasa merawat dan tinggal di depan bangunan musala itu.

Asep mengatakan, pencabutan papan nama itu dilakukan oleh Ajat selaku penanggungjawab markas Khilafatul Muslimin atas perintah dari pemerintah dan kepolisian.

Setelah papan nama dicabut, saat ini musala yang dijadikan markas Khilafatul Muslimin tersebut tampak sepi tanpa aktivitas anggotanya.

"Kalau sekarang aktivitasnya (pengajian) sudah enggak ada. Tapi kalau Pak Ajat (penanggungjawab) masih ada," ucap Asep.

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/08/153240978/papan-nama-markas-khilafatul-muslimin-di-gang-sempit-kota-cimahi-dicabut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke