Salin Artikel

14 Hari Pencarian Eril, Ridwan Kamil Rasakan Perjalanan Spritual Mengikhlaskan

BANDUNG, KOMPAS.com - Prosesi pemakaman putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil,  Emmeril Khan Mumtadz (Eril), telah usai.

Jenazah Eril dikebumikan di depan Masjid Al-Mumtadz di Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada pukul 11.15 WIB.

Pria yang disapa Emil itu mengucapkan terima kasih kepada pemerintah serta seluruh rakyat Indonesia yang telah mendoakan putra sulungnya.

"Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat  yang telah mendoakan putra kami Eril," katanya kepada awak media, Senin (13/6/2022).

Emil juga meminta maaf kepada publik karena selama 14 hari telah membuat masyarakat tidak nyaman dengan pemberitaan putranya.

"Kami memohon maaf apabila selama 14 hari publik terganggu dengan kabar hilangnya anak kami hingga proses pemakaman," katanya.

Kendati begitu, ia mengaku, 14 hari ini mendapatkan banyak pengalaman spritual.

"14 hari ini menjadi pelajaran dan jutaan doa ini ternyata datang dari amal ibadah kebaikan yang kita tabur dan Eril pasti sangat bahagia," beber dia.

Pengalamannya, membawa pada proses mengikhlaskan yang luar biasa. Emil menyebut, perjalan spiritualnya selama 12 hari akhirnya terselesaikan dengan ditemukannya Eril.

"Dan akhirnya tenang, kami orangtua sangat ikhlas tenang sukur alhamdulillah di tempat baik dan dengan cara baik dimakamkan dengan baik," ungkapnya.

Jenazah Emmeril Khan Mumtadz datang ke lokasi pemakaman di Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada pukul 11.00 WIB.

Jenazah langsung diturunkan dan dibawa oleh beberapa anggota Brimob untuk dikebumikan. Lokasi dari diturunkan jenazah Eril ke titik lokasi area pemakaman hanya berkisar 15 sampai 20 meter.

Jenazah langsung di masukan ke liang lahat dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi orang pertama yang memasukan tanah, kemudian di lanjutkan oleh petugas.

Pantauan Kompas.com suasana haru dan duka terlihat dari wajah Ridwan Kamil dan keluarga. Terlihat beberapa keluarga saling bergiliran mengusap air mata.

Hanya keluarga inti yang diperbolehkan berdekatan langsung dengan titik pemakaman almarhum Eril.

Proses pemakaman Eril, berlangsung sejak pukul 11.15 WIB dan berakhir pada pukul 11.36 WIB.

Setelah prosesi pemakaman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung melakukan prosesi tabur bunga, yang diikuti oleh istrinya Atalia dan kedua anaknya.

Sejak kedatang jenazah putra sulung Ridwan Kamil, di Islamic Center Baitulridwan, warga beserta tamu undangan langsung melantunkan salawat untuk almarhum Eril.

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/13/150234878/14-hari-pencarian-eril-ridwan-kamil-rasakan-perjalanan-spritual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke