Salin Artikel

Ridwan Kamil soal Bobotoh Tewas: Tidak Punya Tiket Jangan Maksa Datang

Diketahui, kedua suporter yang meninggal saat berdesak-desakkan  tersebut yaitu Asep Solihin (26), warga Kelurahan Cibaduyut Wetan, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung; dan Sofiana Yusuf (20), warga Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat.

"Persib, harus ada evaluasi ya. Saya sudah menyampaikan duka cita kepada pihak keluarga," ujar Ridwan Kamil saat meresmikan Gedung Creative Center di Sumedang kota, Senin (20/6/2022).

Ridwan Kamil menuturkan, ada beberapa evaluasi yang harus dilakukan agar kejadian serupa tidak kembali terulang.

"Pertama, kepada bobotoh kalau tidak punya tiket jangan memaksa datang. Ikuti aturan yang ada, jangan datang kalau tidak punya tiket," tutur Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Kang Emil menyebutkan, hal paling krusial yang harus menjadi bahan evaluasi yaitu panitia pelaksana (Panpel) harus memberlakukan aturan masuk berlapis.

"Seperti di Papua, itu berlapis-lapis. Dari ujung jalannya yang tidak punya tiket sudah tidak boleh mendekati. Jangan kayak kemarin, saya lihat yang gak punya tiket udah bisa memegang gerbang GBLA, itu sudah bocor menurut saya," sebut Kang Emil.

Harusnya, kata Kang Emil, penonton yang tidak punya tiket tidak bisa mendekati area stadion dari jarak cukup jauh.

"Harusnya dari jarak berkilo-kilo meter itu yang tidak punya tiket tidak bisa masuk. Ini juga yang harus diterapkan di GBLA, yang menurut saya sangat mungkin untuk dilakukan (pengaturan seperti di Papua)," ujar Kang Emil.

Kang Emil mengatakan, sebelumnya ia telah menyampaikan duka cita mendalam kepada  keluarga dari dua korban yang tewas akibat berdesak-desakkan tersebut.

"Saya menyampaikan duka cita kepada pihak keluarga yang meninggal, dari Bandung dan Bogor. Saya harap, kejadian yang sama tidak terulang lagi, karena buat apa bersepakbola kalau harus mengorbankan nyawa manusia," kata Kang Emil.

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/20/132254278/ridwan-kamil-soal-bobotoh-tewas-tidak-punya-tiket-jangan-maksa-datang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke