Salin Artikel

27 Daerah di Jabar Level 1, Waspada Puncak Covid-19 Terjadi pada Juli

"Prediksi puncaknya di bulan Juli. Jadi media silakan memberitakan secara proporsional menurut hitungan ilmu setelah Juli nanti turun lagi, nanti landai lagi. Tapi tidak akan sebanyak omicron (tahun lalu)," ucap Emil, sapaan akrabnya, usai memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022).

Menurut Emil, fluktuasi kasus Covid-19 seperti ini telah terprediksi dengan pola penanganan serupa.

"Hal begini akan mengiringi, makanya dari awal kita sampaikan Covid tidak akan hilang sama sekali akan datang dan pergi, dan pola jawabannya sama saja. Tetap prokes, vaksin ditingkatkan apalagi Jabar dosis 1 dosis 2 sudah mendekati 100 persen. Mayoritas dari 37 juta itu sudah tercapai," tuturnya.

Dengan situasi tersebut, Emil menyatakan aktivitas pengetatan kegiatan masyarakat akan tetap menyesuaikan level PPKM tiap daerah.

Hingga saat ini, 27 daerah di Jawa Barat berada di PPKM level 1.

"Per hari ini kan kita sudah paham semua keputusan berbasis data, data hari ini seluruh Jabar PPKM level 1, artinya pengetatan sesuai dengan si levelnya. Kalau level 1 ya berlakulah semua pelonggaran level 1. Kecuali nanti di daerah bodebek naik ke level 2, level 3, maka pengetatan terjadi sesuai levelnya," paparnya.

"Per hari ini terlaporkan 100 persen 27 daerah sudah di level 1. Kuncinya hanya imbauan saja masyarakat tahu diri. Kalau ada potensi terlalu berdesakan maskernya dipakai, jadi lebih kepada melatih mereka supaya lebih sensitif saja," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/22/122331778/27-daerah-di-jabar-level-1-waspada-puncak-covid-19-terjadi-pada-juli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke