Salin Artikel

Imbas Longsor di Pamijahan Bogor, 12 Kampung Terdampak, Lahan Pertanian Rusak

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Bencana tanah longsor yang terjadi pekan lalu merusak lahan pertanian dan perikanan milik warga Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko mengatakan, material longsor itu juga menimbun sejumlah hewan ternak dan dua warga Desa Cibunian.

"Data untuk di Pamijahan, sektor ekonomi yang terdampak yaitu lahan pertanian dengan luas terdampak 5.700 m2 (sawah) rusak," kata Aris saat dikonfirmasi, Selasa (28/6/2022).

Aris menyebutkan, kerusakan lainnya dari sub sektor perkebunan dengan luasan 10.600 m2 (Kebun Palawija).

"Sub sektor peternakan 5 ekor kambing. Kemudian sub sektor perikanan itu ada 3 kolam ikan rusak, dengan total ikan siap panen sebanyak 5  ton," ujar Aris.

Aris mengungkapkan, hujan berintensitas tinggi yang cukup lama serta meluapnya aliran kali Cisarua menjadi penyebab 7 titik longsor TPT atau tanah penahan tebing di Pamijahan pada Rabu (22/6/2022).

"Ada 12 kampung yang terdampak longsor itu, total ada 94 rumah rusak," kata Aris.

Sementara itu, Camat Pamijahan, Imam Mahmudi menambahkan, bencana tanah longsor kali ini merupakan yang kedua kali, terutama di Desa Cibunian.

Longsor pekan lalu membuat 371 warga terdampak. Mereka mengungsi di mushala dan di rumah saudaranya.

"Dari kejadian tersebut ada 2 orang yang meninggal dunia. Kemudian terdapat jembatan putus, lalu ada 3 sarana ibadah rusak, 2 jalan rusak karena longsor. Untuk kerugian peternakan terdapat 35 kambing yang mati," tutur Imam.

Menurut dia, Kecamatan Pamijahan adalah daerah zona merah rawan banjir dan longsor. Dari 15 desa, 4 desa masuk zona merah, yakni Desa Purwabakti, Cibunian, Ciasmara, dan Ciasihan.

"Khusus untuk di Cibunian, hampir setiap tahun terjadi banjir dan longsor. Alhamdulillah kemarin Pemkab Bogor memberi bantuan dan penanganan pasca-bencana," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/06/28/163408578/imbas-longsor-di-pamijahan-bogor-12-kampung-terdampak-lahan-pertanian-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke