Salin Artikel

[POPULER JAWA BARAT] Bupati Sumedang: Masyarakat Indonesia Paling Cerewet di Medsos | Polisi Buru Sopir Bus yang Terlibat Kecelakaan di Tol Cipularang

KOMPAS.com - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan bahwa minat baca di Indonesia masih rendah dan budaya literasinya lemah.

Meski demikian, masyarakat Indonesia dianggap paling cerewet di media sosial.

Berita lannya, polisi telah mengantongi identitas sopir bus PO Laju Prima bernomor polisi B 7602 XA yang kabur usai usai kecelakaan beruntun di Tol Cipularang.

Polisi kini tengah memburu sopir bus yang hingga saat ini belum diketahui keberadaannya itu.

Berikut berita-berita yang populer di Jawa Barat (Jabar) pada Kamis (30/6/2022).

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyoroti kecerewetan masyarakat Indonesia di media sosial.

Walau terkenal cerewet, tetapi minat baca di Indonesia disebut masih rendah dan budaya literasinya lemah.

"Indonesia ini minat bacanya rendah, literasi rendah, tapi paling cerewet di media sosial," ujarnya seusai mengukuhkan anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kabupaten Sumedang, di IPP Sumedang, Jabar, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, kecerewetan masyarakat Indonesia ini perlu diarahkan kepada hal positif, sehingga tak menjurus pada informasi hoaks yang dapat menimbulkan kegaduhan dan menjadi pemicu konflik sosial.

Oleh karena itu, ia berharap kehadiran KIM bisa menjadi agen informasi masyarakat, menyampaikan berbagai informasi yang mengedukasi dan membangun di desa masing-masing.

Baca selengkapnya: Indonesia Ini Minat Bacanya Rendah, Literasi Rendah, tapi Paling Cerewet di Media Sosial

Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta telah mengantongi identitas sopir bus yang terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang pada Minggu (26/6/2022)

Kepala Unit Kecelakaan dan Lalu Lintas Polres Purwakarta Iptu Jamal Nasir menuturkan, sopir tersebut bernama bernama Dede Yusuf, warga Cilawu, Tasikmalaya, Jabar.

Saat ini, terang Jamal, polisi sedang berupaya mencari sopir bus PO Laju Prima yang hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.

Salah satunya upaya yang dilakukan yaitu dengan mendatangai rumah istri si sopir yang berada di Banten.

"Sopir masih dalam pencarian. Kami sudah mencari ke istrinya yang beralamat di Banten, juga sudah mencari ke orangtuanya di Tasik (Tasikmalaya), tapi katanya belum pulang-pulang sampai saat ini," ucapnya, Kamis.

Baca selengkapnya: Ini Identitas Sopir Bus yang Kabur Usai Jadi Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

Sebanyak satu bus dan empat mobil terlibat kecelakaan beruntun di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 61, wilayah Kosambi, Kabupaten Karawang, Jabar, Kamis.

Sebuah bus PO Bina Sejahtera Guvili bernomor polisi E 7653 VA menabrak empat mobil yang ada di depannya.

Keempat mobil yang ditabrak adalah Toyota Voxy bernomor polisi B 1427 WIH, Toyota Avanza A 1878 ZQ, Mitsubishi Pajero D 1203 AFD, dan Toyota Alphard F 417 KA.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menjelaskan, tabrakan terjadi saat bus PO Bina Sejahtera Guvili melaju dari Jakarta menuju Cikampek.

Sesampai di lokasi kejadian, bus yang dikemudikan Asep Kurnia menabrak bagian belakang Toyota Voxy yang sedang berjalan mengurangi kecepatan searah di depannya.

Tabrakan itu kemudian memicu kecelakaan beruntun. Akibat kejadian ini, tiga penumpang mengalami luka ringan dan lima kendaraan mengalami kerusakan.

"Korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Rosela, Karawang Barat untuk mendapat perawatan," ungkapnya.

Baca selengkapnya: Kecelakaan Beruntun di Km 61 Tol Jakarta-Cikampek, Bus Tabrak 4 Mobil

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Sumedang, Aam Aminullah; Kontributor Karawang, Reni Susanto | Editor: Reni Susanti, David Oliver Purba, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/01/054500378/populer-jawa-barat-bupati-sumedang-masyarakat-indonesia-paling-cerewet-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke