Salin Artikel

Inspeksi Penyebab Situ Ciburuy Tercemar, Diduga karena Limbah Perusahaan Pencucian Karung Bekas Terigu

Limbah di perusahaan pencucian karung bekas itu kerap kali membuang air sisa pencucian tanpa melalui pengolahan air limbah terlebih dahulu.

Dugaan pencemaran itu diketahui setelah petugas gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) baik dari Provinsi Jawa Barat maupun KBB dan Satpol PP Bandung Barat melakukan inspeksi ke pabrik-pabrik yang berada di ujung situ.

Penjabat Pengawasan Lingkungan Hidup (PPLH) DLH Jawa Barat Risda Susanti mengatakan, pihaknya menemukan beberapa indikasi yang menyebabkan air di Situ Ciburuy berbau busuk.

"Masyarakat di sini ternyata ada yang beraktivitas mencuci karung bekas. Menurut mereka, karung itu bekas karung terigu," ungkap Risda, Sabtu (16/7/2022).

Dugaan pencemaran itu diperkuat setelah petugas gabungan menyatroni aktivitas pabrik pencucian karung bekas pada Jumat (15/7/2022) kemarin.

Dari hasil inspeksi itu ditemukan bahwa perusahaan tersebut melakukan pencucian karung bekas kemasan tarung terigu, namun air bekas pencucian tersebut tidak melalui pengolahan ulang dan langsung digelontorkan ke drainase yang mengalir ke perairan Situ Ciburuy.

"Air dari proses pencucian karung bekas itu tidak dilakukan treatment pengolahan (limbah) tapi langsung dibuang ke saluran drainase yang menuju ke danau Ciburuy ini," ungkap Risda.

Sehingga air bekas pencucian karung tepung terigu yang berbau busuk itu mencemari perairan dan menyebabkan bau tak sedap di sekitaran Situ Ciburuy sejak satu pekan terakhir.

"Dampak yang paling dirasakan masyarakat saat ini ya itu bau yang sangat menyengat," ucapnya.

Hasil pemeriksaan sementara ini kemudian akan dikaji terlebih dahulu untuk melakukan kebijakan apa sanksi dan upaya selanjutnya untuk mengembalikan air di Situ Ciburuy menjadi normal kembali.

"Hasil (pemeriksaan) ini akan kami sampaikan ke pimpinan apa yang menjadi fakta di lapangan mengapa danau Ciburuy bisa seperti ini. Tindak lanjutnya mungkin nanti bisa jadi kami ada pengambilan sampel lanjutan," paparnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/16/194129578/inspeksi-penyebab-situ-ciburuy-tercemar-diduga-karena-limbah-perusahaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke