Salin Artikel

Limbah Batu Bara Diduga Ikut Cemari Situ Ciburuy hingga Berwarna Hitam

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Air berwarna hitam pekat dan berbau menyengat yang kini mencemari perairan Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat juga diduga berasal dari aktivitas industri di sekitar danau.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat mengindikasi adanya limbah berbahaya sisa pembakaran batu bara atau fly ash and bottom ash (FABA) dari aktivitas pembuatan batako ikut menyumbang pada pencemaran air di Situ Ciburuy.

Dugaan itu berdasar pada hasil inspeksi petugas gabungan dari DLH, Satgas Citarum Harum dan Satpol PP yang dilakukan pada Jumat (15/7/2022) kemarin.

Penjabat Pengawasan Lingkungan Hidup (PPLH) DLH Jawa Barat Risda Susanti mengatakan, pihaknya menemukan adanya sejumlah aktivitas di sekitar Situ Ciburuy yang diduga menjadi sebab berubahnya warna air menjadi hitam pekat dan berbau tak sedap.

"Kita menemukan fakta adanya aktivitas pembuatan bata yang bahan bakunya fly ash bottom ash, ini limbah industri kategori B3 berbahaya tapi bukan dari PLTU," ungkap Risda, Sabtu (16/7/2022).

Masyarakat di RW 13 didapati menggunakan limbah sisa pembakaran batu bara untuk didaur ulang menjadi bahan baku material batako.

Sementara limbah yang masuk kategori B3 ini tergerus aliran air melalui parit dan bermuara di perairan Situ Ciburuy sehingga diduga air di Situ Ciburuy berubah warna menjadi hitam pekat dan menyebabkan ikan-ikan di danau tersebut mati.

"Air di Situ Ciburuy yang berubah warna menjadi hitam pekat ini diidentifikasi salah satunya dari (limbah batu bara) itu," kata Risda.

Meski demikian, DLH musti melakukan kajian terkait kandungan baku mutu air apakah benar mengandung limbah B3 atau tidak.

"Mungkin nanti kami akan mengambil sampel lanjutan untuk mengetahui parameter apa yang memengaruhi baku mutu air. Karena jika melebihi baku mutu air dampaknya ke masyarakat sekitar," tuturnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/16/201227978/limbah-batu-bara-diduga-ikut-cemari-situ-ciburuy-hingga-berwarna-hitam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke