Salin Artikel

Kolaborasi Kompas.com dan Enesis Munculkan Kesadaran Anak untuk Hidup Bersih Sehat

Dalam kegiatan ini, ada pemberian beasiswa dan sosialisasi bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) serta pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Salah satu acara dalam rangkaian roadshow ini berlangsung di Kota Cirebon, Jawa Barat, yang diikuti siswa-siswi sekolah dasar pada Selasa (26/7/2022).

Para siswa tampak antusias mendengarkan paparan soal pentingnya perilaku hidup sehat lewat dongeng dan badut nyamuk raksasa.

Anak-anak ini disadarkan bila menjaga PHBS, kondisi tubuhnya akan terlindungi dari berbagai penyakit.

Namun, Saat kondisi tubuh anak kotor, maka nyamuk akan cepat menyerang. Nyamuk akan menggigit bagian tubuh anak, dan menebarkan virus penyakit DBD ke tubuh.

Usai memberikan dongeng, panitia juga memberikan simulasi penyebaran DBD oleh nyamuk.

Mereka menghadirkan kotak berisi nyamuk. Pertama panitia memasukan tangan tanpa lotion ke dalam kotak, dan kedua mereka memasukan tangan ke dalam box yang sebelumnya dioleskan cairan.

Melihat itu, siswa-siswi antusias. Mereka tiba-tiba mendadak minta ke atas panggung untuk ikut mencoba simulasi tersebut.

Peserta kegiatan tampak paham betapa pentingnya menjaga kebersihan untuk menjaga kesehatan diri sendiri.

Managing Editor Kompas.com Heru Margianto menyampaikan, dalam kegiatan ini ada penyaluran beasiswa kepada sejumlah siswa-siswi yang berhak.

Beasiswa ini berasal dari pembaca setia Kompas.com.

“Kompas.com memberikan donasi beasiswa kepada para siswa dan siswi yang memnbutuhkan. Itu merupakan pemberian dari pembaca setia Kompas.com. Harapannya, dengan bantuan ini para penerima beasiswa semakin bersemangat untuk mengejar cita-citanya,” kata Heru, Selasa (26/7/2022).

Kegiatan ini juga diharapkan agar para pelajar semakin memahami menjaga diri dari berbagai potensi penyakit di sekitarnya.

Regional Manager Jawa Barat dan Jabodetabek Enesis Group Heri Sutarno menyampaikan, edukasi dan sosialisasi tentang DBD sangat penting disampaikan kepada pelajar sejak dini. Apalagi, mereka termasuk kategori rentan terserang DBD.

“Eduakasi tentang DBD dan PHBS kepada anak-anak usia dini sangat penting. Kemudian, kita juga memberikan cara agar mereka tidak mudah terserang DBD, sehingga mereka bisa menjaga diri masing-masing,” kata Heri kepada Kompas.com.

Pasalnya, dalam kesehariannya, anak-anak kerap bermain di dalam dan di luar rumah dengan waktu yang relatif lama.

Anak-anak harus menjaga kebersihan diri sendiri agar terhindar dari serangan nyamuk DBD, dan juga berbagai potensi penyakit lainnya.

Kepala SDN Kartini 2 Kota Cirebon Supriyadi, mengucapkan terima kasih telah menjadikan SDN 2 Kartini tempat sebagai tempat untuk memulai roadshow.

Kegiatan edukasi dan sosialisasi ini sangat membantu para siswa siswi untuk mengenali lingkunganya.

“Pemberian materi edukasi dan sosialisasi tentang PHBS dan BDB sangat penting diberikan kepada anak-anak usia dini. Pihak sekolah akan melakukan edukasi serupa agar pemahaman siswa - siswi lebih matang untuk dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Supriyadi.

Roadshow Kompas.com dan Enesis Group ini dilakukan selama dua hari.

Pertama, kegiatan dilaksanakan di SDN Kramat pada Senin, (25/7/2022) dan Selasa (26/7/2022).

Total bantuan beasiswa untuk pelajar di Kota Cirebon berjumlah Rp 16 juta.

Siswa-siswi dapat memanfaatkan bantuan ini untuk memenuhi keperluan sekolah mulai dari seragam, alat tulis, dan kebutuhan pendidikan lainnya.

Donasi ini dikumpulkan melalui portal kitabisa.com. Para pembaca juga dapat berpartisipasi gerakan ini untuk membantu anak-anak terdampak di daerah lainnya dengan cara kunjungi kitabisa.com/kompascompendidikan

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/27/210351478/kolaborasi-kompascom-dan-enesis-munculkan-kesadaran-anak-untuk-hidup-bersih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke