Salin Artikel

Warga Cirebon Histeris Ular Kobra Masuk Rumah dan Bersarang di Kamar

CIREBON, KOMPAS.com – Seekor ular jenis kobra sepanjang satu meter, menggegerkan Warga Desa Penpen, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (4/8/2022) siang. Ular ini masuk ke dalam rumah warga dan bersembunyi di dalam lubang di kamar.

Pantauan Kompas.com Kamis pagi, warga sekitar memenuhi sekitar rumah Rohayatin. Mereka berusaha menenangkan Rohayatin yang terus mengungkapkan rasa takut.

Bahkan tetangga sekitar menyebut Rohayatin berulangkali menangis karena ular masuk dalam kamarnya.

“Saya melihat sendiri. Ular masuk ke dalam rumah saya. Terus saya berusaha usir, bukannya keluar rumah malah pindah ke kamar,” kata Rohayatin kepada Kompas.com saat ditemui di rumahnya Kamis pagi.

Setelah itu, Rohayatin membiarkan ular berada di dalam kamarnya. Dia tidak berani mengusir lagi ular tersebut karena takut.

Dia meminta tetangga untuk melaporkan kepada perangkat desa untuk mendapatkan pertolongan.

Anwar Sadat, Camat Mundu Kabupaten Cirebon menyampaikan, setelah mendapat laporan dari Mustofa, Kepala Desa Penpen, Anwar langsung menghubungi petugas Dinas Pemadaman Kebakaran untuk membantu proses evakuasi.

Setelah beberapa waktu, tim damkar mendatangi rumah Rohayatin. Damkar langsung masuk kamar dan berusaha mencari keberadaan ular.

Mereka sempat merapikan perabot untuk memudahkan pencarian.

Namun, ular tidak bersembunyi di tumpukan perabot, melainkan masuk lubang yang berada di dalam kamarnya. Lubang tersebut cukup panjang dan diprediksi jadi tempat persembunyian.

“Ular masuk ke dalam kamar, dan ditemukan ada rongga atau lobang, tempat ular bersembunyi atau bersarang. Petugas sempat membongkar lubang tersebut, dan ditemukan seekor ular kobra,” kata Anwar.

Ular tersebut memiliki panjang sekitar satu meter. Ular ini masih sangat liar dan berbahaya karena saat proses evakuasi beberapa kali menyeburkan bisa.

Beruntung petugas dapat menghindar sehingga bisa ular tidak melukai orang di sekitar.

Namun, meski telah ditemukan, Rohayatin tetap merasa takut. Dia yakin masih ada satu ekor ular di rumahnya yang belum ditangkap.

Pasalnya, ular yang sempat dia lihat berukuran lebih besar dari yang ditangkap petugas.

“Ular yang berhasil ditangkap ini kaya bukan ular yang saya lihat. Ini ularnya kecil, sedangkan ular yang saya lihat besar, berbeda sama yang ini. Makanya saya ketakutan itu besar,” sambung Rohayatin.

Rohayatin juga menyebut ular yang dia lihat memiliki perut yang cukup besar. Pasalnya, ada tetangga yang melaporkan ayamnya hilang, dimakan binatang.

Berdasarkan laporan Rohayatin, Petugas Damkar kembali menyusuri rumah sekitar rumah dan beberapa kamar Rohayatin.

Bahkan mereka keliling rumah mencari keberadaan ular tersebut. Belakang dan samping rumah Rohayatin adalah kebun.

https://bandung.kompas.com/read/2022/08/04/143201778/warga-cirebon-histeris-ular-kobra-masuk-rumah-dan-bersarang-di-kamar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke