Salin Artikel

38 Rumah di Bandung Barat Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sebanyak 38 rumah yang berlokasi di RW 16, Desa Giriasih, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hancur disapu angin puting beliung pada Minggu, (14/7/2022).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengatakan, peristiwa angin puting beliung itu terjadi saat angin kencang disertai hujan deras menerjang wilayah Kecamatan Batujajar kemarin.

"Kami terima laporan adanya kejadian angin puting beliung di Batujajar. Kejadiannya kemarin sekitar jam 14.30 WIB," ungkap Duddy, Senin (15/8/2022).

Dari hasil assesment, Duddy menyebutkan, terdapat 38 rumah warga di 8 RW mengalami rusak ringan hingga rusak berat.

Kerusakan itu didominasi kerusakan bangunan di bagian atap atau genteng yang tersapu oleh angin kencang. Akibatnya, bangunan rumah warga mengalami bolong di bagian atap.

"Total rumah rusak itu tersebar di 8 RW. Ada 38 rumah yang terdampak, hanya 5 yang rusak berat. Sisanya rusak ringan dan sedang, termasuk 1 pos ronda," kata Duddy.

Warga yang terdampak angin puting beliung dengan kerusakan berat terpaksa harus diungsikan sementara ke rumah kerabat mereka.

"Sebagian diungsikan, terutama yang rumahnya rusak berat. Mengungsi ke rumah kerabatnya. Kita sudah assessment kebutuhannya," ujar Duddy.

Cuaca ekstrem seperti ini diprediksi masih akan terus terjadi selama musim pabcaroba berlangsung, oleh sebab itu Duddy mengimbau agar warga yang berada di wilayah rawan tetap waspada ketika hujan deras.

"Kita imbau masyarakat tetap waspada karena masih ada potensi kejadian serupa. Kita terus berkoordinasi dengan BMKG," tutupnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/08/15/173225278/38-rumah-di-bandung-barat-rusak-diterjang-angin-puting-beliung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke