Salin Artikel

Tangis Haru Undang, Rumahnya yang Dirobohkan Rentenir Dibangun Lagi: Saya Sangat Bersyukur

KOMPAS.com - Undang tak bisa menahan air mata usai dikabari bahwa rumahnya yang dirobohkan rentenir bakal dibangun lagi.

Selain itu, Undang juga bakal dipekerjakan di Kepolisian Resor (Polres) Garut sebagai pegawai harian lepas (PHL).

Kabar bahagia tersebut disampaikan Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Selasa (20/9/2022) siang di Mapolres Garut.

"Setelah berkoordinasi dengan penasihat hukum korban yang bersangkutan butuh pekerjaan, kami memutuskan mulai hari ini Pak Undang jadi pegawai harian lepas di Polres Garut," ujarnya.

"Kami dari Polres Garut beserta Pemkab Garut melalui Dinas Perkim memberikan bantuan untuk membangunkan memberikan program rutilahu yang sebelumnya dirobohkan oleh para pelaku," ucapnya, dikutip dari Tribun Jabar.

Begitu mendengar kabar tersebut, Undang langsung menangis haru sambil memeluk kaki Kapolres Garut.

"Terima kasih Pak Kapolres, terima kasih pemerintah Garut, saya sangat bersyukur," ungkapnya.

Pria berusia 47 tahun itu mengatakan, banyak bantuan yang datang kepadanya usai perobohan rumahnya.

"Banyak bantuan datang setelah kejadian itu, saya tidak bisa membalas, Allah yang akan membalas," tuturnya.

Penasihat hukum Undang, Syam Yosef, mengaku bersyukur lantaran banyak pihak yang bersimpati dan ingin membantu membangun kembali rumah Undang.

Ia menuturkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun telah menyatakan kesiapannya melalui program Jabar Quick Response (JQR).

"Staf Pak Gubernur sudah menghubungi siap membantu membangun kembali rumah Pak Undang," jelasnya.

Di samping itu, Yosef juga mengapresiasi Polres Garut yang menindaklanjuti laporan kliennya hingga akhirnya menetapkan sembilan orang menjadi tersangka.

Rumah Undang yang sempat dibongkar oleh rentenir akan dibangun lagi lewat program rumah tidak layak huni (rutilahu).

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Pemerintah Kabupaten Garut Ahmad Mulyana mengungkapkan, bupati dan wakil bupati Garut telah menginstruksikan agar bisa membantu pembangunan kembali rumah Undang.

"Secepatnya kita akan bangun rumah yang layak huni," terangnya.

Pada Rabu (21/9/2022), Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mendatangi rumah Undang di Kampung Haurseah, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, yang dirobohkan rentenir.

Kedatangan Helmi untuk mengecek pembangunan kembali rumah Undang lewat program rutilahu.

Terkait dirobohkannya rumah Undang gara-gara terjerat utang kepada rentenir, Helmi berharap peristiwa itu bisa menjadi pelajaran penting bagi Pemkab Garut.

"Ini perlu turun semua tokoh semua pemerintah jangan sampai terjadi lagi, ini pelajaran buat kita," bebernya, dilansir dari Tribun Jabar.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Garut, Ari Maulana Karang | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Undang Menangis di Pelukan Kapolres Garut, Bakal Dibangunkan Kembali Rumah yang Dirobohkan Rentenir; dan Wakil Bupati Garut Pantau Pembangunan Kembali Rumah yang Dirobohkan Rentenir, Minta Ini ke Warga

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/22/154200478/tangis-haru-undang-rumahnya-yang-dirobohkan-rentenir-dibangun-lagi--saya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke