Salin Artikel

Kunci Gembok yang Tertelan Akhirnya Keluar dari Perut Bocah di Indramayu

Setelah diperiksa tenaga medis di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr Mintohardjo Jakarta, logam itu sudah tidak ada lagi dalam badan bocah 8 tahun itu.

Keadaan itu menyebabkan operasi yang sempat ingin dibiaya Bupati Indramayu Nina Agustina tidak perlu dilakukan.

Sudah keluarnya kunci dari tubuh Zul telah dipastikan Dokter Spesialis Bedah Digestif di RS TNI AL Dr Mintohardjo, dr. Pribadi Arif.

"Ternyata ususnya mungkin mampu beradaptasi, sehingga anak kuncinya itu bisa mengikuti gerakan peristaltik usus. Terus tanpa disadari oleh pasien, anak kuncinya bisa keluar lewat BAB, dan sekarang sudah tidak ada," sebut Pribadi, Jumat (23/9/2022).

Hasil pemeriksaan, kata Pribadi, saluran pencernaan bocah itu juga tidak memiliki masalah.

"Yang kita takutkan ada infeksi, mungkin juga pendarahan akibat anak kunci yang melewati sepanjang saluran pencernaan itu. Namun setelah kita periksa dan kita analisa tidak ada masalah," sambungnya.

Pribadi Arif menyatakan, saat ini kondisi Zul sendiri dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. 

Dalam beberapa waktu dipastikan tidak ada masalah, maka Zul dapat diperbolehkan pulang ke rumahnya.

"Ke depan kita hanya melakukan observasi, tapi kalau tidak ada masalah maka sudah boleh pulang," ucapnya.


Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, pemerintah daerah telah memfasilitasi seluruh keperluan Zul dan keluarga saat berangkat ke Jakarta pada Kamis, (22/9/2022) malam.

"Untuk biaya pengobatan di RS TNI AL Dr Mintohardjo akan ditanggung dari pihak rumah sakit atau pak KASAL," ujar Nina.

Berkaca pada kondisi yang dialami Zul, Nina mengimbau kepada para orangtua agar berhati-hati dalam mengawasi anak-anaknya agar kejadian serupa tidak terulang.

Nina juga berpesan, jika masyarakat mengalami sesuatu yang mendesak dan membutuhkan pertolongan medis, agar segera mendatangi puskesmas ataupun rumah sakit terdekat.

Sementara, Ibunda Zul, Nina Listiana (40), menyampaikan terima kasih kepada Nina Agustina dan Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr Mintohardjo Jakarta yang telah membantu pengobatan anaknya.

Dia juga berharap anaknya dapat kembali sembuh dan beraktifitas seperti biasanya.

"Semoga anak saya bisa segera sembuh seperti sebelumnya dan dapat bersekolah lagi," harapnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Zul, Bocah yang Telan Kunci Kini Tersenyum Gembira, Anak Kunci yang Tertelan Tidak Ditemukan Lagi.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/23/193326778/kunci-gembok-yang-tertelan-akhirnya-keluar-dari-perut-bocah-di-indramayu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke