Salin Artikel

2022, Ridwan Kamil Tata 8 Alun-alun di Jabar, Salah Satunya Karawang dengan Anggaran Rp 20 Miliar

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pada 2022 setidaknya ada 8 penataan alun-alun di Jawa Barat yang akan diresmikannya.

Yakni Alun-alun Sukabumi, Alun-alun Garut, Alun-alun Kabupaten Kuningan, Alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon yang diberi nama Sangkala Buana.

Kemudian Alun-alun Pangbagea yang menjadi ikon baru Kabupaten Pangandaran, dan Alun-Alun Kota Bekasi. Pada tahun ini pihaknya menargetkan revitalisasi Alun-alun Karawang dengan anggaran sekitar Rp 20 miliar.

"Serta revitalisasi Alun-alun Kabupaten Bekasi dengan alokasi anggaran Rp 8,9 miliar. Semoga revitalisasi Alun-alun semakin membahagiakan warga sebagai wujud kasih sayang dari para pemimpinnya, baik Gubernur maupun Bupati dan wali kota," ujar Ridwan Kamil dalam rilisnya, Rabu (28/9/2022).

Konsep baru alun-alun yang dibangun yakni modern berpadukan dengan kearifan lokal. Selain membuat cantik wajah wilayahnya, penataan ini menarik kunjungan masyarakat.

Bahkan, tidak sedikit warga dari luar kota bahkan luar provinsi, berekreasi menikmati fasilitas umum ini.

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan, revitalisasi alun-alun diharapkan bisa mendorong perekonomian masyarakat.

Selain itu, Alun-alun diharapkan menjadi ruang silaturahmi.

"Dampak dari sisi kesehatan, kebahagiaan dan berbagai hal lainnya, bisa muncul dari ruang publik. Itu mengapa alun-alun dihadirkan," ujar Wahyu.

Setelah rampung direvitalisasi, pengelolaan alun-alun diserahkan kepada pemerintah kota dan kabupaten.

"Diharapkan masyarakat juga bisa turut berkontribusi dalam menjaga fasilitas-fasilitas yang ada. Karena yang menikmati ruang publik ini, ya masyarakat itu sendiri," pungkas Wahyu.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/28/143903078/2022-ridwan-kamil-tata-8-alun-alun-di-jabar-salah-satunya-karawang-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke