Salin Artikel

Hengky Kurniawan Diusulkan Jadi Bupati Bandung Barat Definitif, Janji Politik Jadi Pekerjaan Rumah

Gelaran paripurna itu juga sekaligus mengusulkan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menjadi bupati definitif ke Kemendagri melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"(Paripurna) ini merupakan langkah normatif dalam rangka memenuhi amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014 dan Undang-undang nomor 10 tahun 2016," ujar Ketua DPRD Bandung Barat, Rismanto saat ditemui usai Paripurna di Lembang, Bandung Barat, Jumat (7/10/2022).

Rismanto menjelaskan, sebelumnya Kemendagri menerbitkan surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.32-5479 Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Bandung Barat Provinsi Jawa Barat tertanggal 23 September 2022.

Setelah SK tersebut diterima, maka Rapat Paripurna ini digelar dengan agenda pengumuman pemberhentian Aa Umbara Sutisna dari jabatan Bupati Bandung Barat yang pengusulan Hengky Kurniawan menjadi Bupati Bandung Barat dengan masa jabatan tahun 2018-2023.

Hengky memiliki sisa waktu selama kurang lebih satu tahun sampai masa jabatannya habis pada Oktober 2023.

Selama sisa masa jabatannya itu, Hengky wajib menuntaskan janji-janji politik yang dibuat bersama Aa Umbara Sutisna.

"Masih ada waktu untuk menuntaskan janji-janji politik. Mau bagaimanapun Aa Umbara dan Hengky adalah dua sejoli, maka menurut saya janji-janji politik itu yang harus dituntaskan," sebutnya.


Sementara itu Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan, momen pemberhentian Aa Umbara ini menjadi momen haru di mana keduanya membangun komitmen bersama berupa janji-janji politik.

"Bagaimana pun juga hari ini adalah hari yang mengharukan. Sebab bagaimanapun kami Aa Umbara dengan saya bersama sama berjanji melayani masyarakat," ucap Hengky.

Menurut Hengky, status menjadi Bupati definitif hanyalah sematan formal yang secara normatif menjadi agenda pemerintah, lebih dari itu ada penuntasan janji politik yang masih menjadi pelerjaan rumah.

"Jadi hari ini fokus saya benar-benar tidak mengejar status dari Plt menjadi definitif. Tapi janji politik yang bersama-sama kita buat untuk masyarakat ya saya harus diteruskan," imbuhnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/07/165514678/hengky-kurniawan-diusulkan-jadi-bupati-bandung-barat-definitif-janji-politik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke