Salin Artikel

Tumpukan Sampah Sungai Citarum Putus Jembatan Apung di Bandung Barat

Akibatnya, pengendara dari arah Batujajar maupun dari arah Cihampelas terpaksa harus memutar melalui jembatan lain dengan jarak lebih jauh.

Untuk sementara, jembatan apung yang biasa dikenal dengan Jembalas atau yang kini dinamai jembatan Alfian itu terpaksa ditutup sementara oleh pengelola.

Untuk diketahui, jembatan apung itu putus akibat arus di aliran Sungai Citarum mengalir cukup deras dari arah timur membawa material sampah dan eceng gondok.

Sesampainya di jembatan apung, material sampah dan eceng gondok itu mendorong badan jembatan dan akhirnya mengalami putus dan tak bisa dilalui pada Sabtu (8/10/2022) kemarin.

Pengelola Jembalas, Gaston Barus mengatakan, putusnya jembatan itu bukan semata-mata akibat bencana, tapi pengelola dengan sengaja memutuskan badan jembatan melihat material sampah sudah menumpuk dan bergerak menerjang jembatan.

"Jadi (jembatan apung) ini bukan patah tapi memang jembatannya dibuat fleksibel. Jembatan sengaja dibuka biar sampahnya bisa lewat," ujar Gaston saat dihubungi, Senin (10/10/2022).

Hingga saat ini, pihak pengelola masih memperbaiki jembatan apung tersebut agar bisa tersambung dan bisa dilalui kendaraan lagi.


Gaston tidak memungkiri bahwa cuaca ekstrem beberapa hari terakhir mengakibatkan debit air dan arus di aliran Sungai Citarum meninggi, sehingga hal itu menjadi kewaspadaan bagi pengelola jembatan untuk memberlakukan sistem buka tutup.

"Kondisinya sampah dan eceng gondoknya berat. Jadi terbawa arus, akhirnya fleksibel kita buka biar lewat. Kalau enggak gitu nanti membahayakan konstruksi," tutur Gaston.

Pengendara dari kedua arah untuk sementara dialihkan melalui jalur yang lebih aman yakni melalui jembatan BBS.

Pengelola masih fokus memperbaiki jembatan apung tersebut agar bisa kembali berfungsi.

"Jembatan Alfian ini kita tutup sementara untuk maintenance. Diupayakan rampung secepatnya," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/10/180303078/tumpukan-sampah-sungai-citarum-putus-jembatan-apung-di-bandung-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke