Salin Artikel

Lancaster dan Deakin University Akan Dirikan Kampus Bersama di Bandung, Lulus Raih Double Degree

Dua kampus tersebut adalah Lancaster University asal Inggris dan Deakin University asal Australia.

Program tersebut diinisiasi Navitas, perusahaan layanan pendidikan swasta nirlaba milik Australia yang memiliki berbagai penyedia pendidikan swasta internasional.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins di Hotel Pullman, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/10/2022).

Adapun Pemerintah Inggris mendatangi Pemprov Jabar untuk menjembatani pembangunan dua kampus tersebut.

Mahasiswa yang lulus dari kampus itu akan meraih double degree dari Deakin University dan Lancaster University.

Ridwan Kamil mengatakan, saat ini Pemprov Jabar sedang meminta izin kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan soal pembangunan kampus bersama tersebut.

"Nama universitasnya kalau dari Inggris Lancaster dengan join program dengan universitas di Australia, Deakin. Mudah-mudahan dalam hitungan bulan, pengumuman hadirnya universitas Inggris ini bisa disambut baik sehingga SDM Jawa Barat punya pilihan yang sifatnya global," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Pertemuan tersebut juga turut membahas persoalaam energi hijau.

Emil menawarkan sejumlah proyek energi terbarukan seperti panas bumi, tenaga surya, hingga pembuatan baterai kendaraan listrik.

"Inggris itu salah satunya punya riset tentang baterai. Baterai mobil sekarang terlalu besar ukurannya dan umurnya pendek. Makin lama, kita butuh mobil listrik, motor listrik dengan baterainya kecil tetapi umurnya panjang. Risetnya banyak di sana," jelasnya.

Sementara itu, Owen Jenkins berharap hadirnya kampus bersama bisa menghadirkan pendidikan kelas dunia di Jawa Barat.

"Seperti yang sudah disebut Pak Gubernur, ada beberapa kerja sama antara Inggris-Jawa Barat. Inggris sangat fokus kepada pendidikan dengan menghadirkan pendidikan kelas dunia, termasuk salah satunya universitas terbaik yakni Lancaster University," ujar Owen.

Pemerintah Inggris, kata Owen, mendukung rencana pengembangan energi hijau.

Owen menilai, Jawa Barat sebagai salah satu lokomotif ekonomi Indonesia punya tempat strategis sebagai target investasi.

"Kami sudah bekerja sama dalam berbagai program. Kami berusaha membuat keahlian di Inggris bisa dibawa ke Jawa Barat lewat beragam kolaborasi maupun investasi. Saya dan Pak Gubernur sudah berdiskusi. Teknologi baterai di Inggris juga maju dan perusahaan ingin berkolaborasi dengan Indonesia dan Jawa Barat," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/18/140814878/lancaster-dan-deakin-university-akan-dirikan-kampus-bersama-di-bandung-lulus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke