Salin Artikel

Disiksa Majikan di Bandung Barat, Rohimah Kapok Kerja Jadi ART, Pilih Tinggal di Garut

GARUT, KOMPAS.com – Rumah permanen bercat putih di Kampung Cinagor Desa, Pangereunan, Kecamatan Limbangan, Garut milik orangtua Rohimah, Asisten Rumah Tangga (ART) yang jadi korban penganiayaan pasangan suami istri di Bandung Barat tampak ramai dikunjungi tamu pada Kamis (03/11/2022).

Rumah Rohimah sendiri berada persis di belakang rumah orangtuanya.

Saat Rohimah menjalani perawatan di Bandung, baik rumahnya dan rumah orangtuanya ramai di kunjungi tamu. Begitu pula saat dia pulang ke Garut pada Rabu (2/11/2022), banyak orang datang dan memberi bantuan.

Pasca kejadian yang menimpa dirinya, Rohimah berkata sudah enggan bekerja sebagai ART. Dia trauma. Saat ini Rohimah lebh memilih tinggal di kampung bersama anak dan orangtuanya.

“Nggak mau lagi (kerja jadi ART), ingin tinggal di kampung saja,” katanya saat ditemui di rumah orangtuanya, Kamis (03/11/2022) siang.

Paman Rohimah yang bernama Kamil (49) pun mengatakan, Rohimah memutuskan menjadi ART sejak dia ditinggal mantan suaminya, tidak lama setelah anaknya lahir.

“Biasanya memang kerja babantu. Sebelumnya hanya di sekitar sini, tapi suka ke Bandung juga,” kata Kamil di tempat yang sama.

Bagi Rohimah, ART merupakan pilihan pekerjaan satu-satunya karena dia tidak memiliki keahlian lain dan hanya tamat bangku Sekolah Dasar (SD). Di sisi lain, keadaan mengharuskan Rohimah menjadi orangtua tunggal.

“Sudah dua kali nikah, tapi cerai, punya anak dari suami yang kedua. Sejak (ditinggal) itu Rohimah pilih bekerja ya jadi ART,” katanya.

Gaji tak sesuai janji hingga HP disita majikan

Diceritakan Kamil, Rohimah mendapat pekerjaan di Bandung Barat tersebut dari informasi tetangga di kampung.

Saat itu Rohimah dijanjikan akan digaji Rp 2 juta per bulan. Namun faktanya, dia hanya mendapat Rp 1,5 juta dan setiap bulan jumlah gajinya terus berkurang.

Tak hanya sampai di situ, dua bulan setelah bekerja di tempat itu, Rohimah tidak pernah berkabar dengan keluarga. Belakangan baru diketahui bahwa HP-nya disita majikan.

“Dua bulan setelah kerja, tidak ada kontak lagi setelah terakhir kontak ke adiknya minta dijemput pulang karena dipukuli majikannya, ternyata HP-nya diamankan majikannya setelah ketahuan laporan minta dijemput pulang,” katanya.

Trauma keluarga

Ade Rahmat (47), yang juga Paman Rohimah menuturkan, Rohimah merupakan anak ketiga dari lima bersaudara.

Salah satu adik perempuannya saat ini bekerja sebagai ART di Bandung. Sama seperti Rohimah, ART menjadi pilihan pekerjaan karena memang bekal pendidikan yang dimiliki hanya sampai sekolah dasar.

Namun setelah kejadian yang menimpa Rohimah, pihak keluarga trauma dan berharap tidak ada lagi anggota keluarga yang jauh-jauh ke kota dan menjadi ART. Menurut Ade, lebih baik mencari penghidupan di kampung meski peluang pekerjaan sedikit.

“Paling kalau di kampung bantu-bantu orangtuanya di kebun,” katanya.

DP2KBP3A Garut

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Garut, Rahmat Wibawa yang ditemui saat mengunjungi Rohimah mengungkapkan, memang perlu ada upaya alih profesi untuk Rohimah yang saat ini menjadi orangtua tunggal.

Karenanya, pihaknya akan berupaya melakukan asesmen bentuk bantuan yang nantinya bisa menjadi modal bagi keberlangsungan hidup Rohimah ke depan. Saat ini, Kementerian Sosial telah memberi bantuan usaha untuk membuat warung kecil di rumahnya.

“Kita coba tawarkan pelatihan-pelatihan keterampilan dan permodalan buat usaha agar tidak perlu lagi kerja jadi ART, bentuk pelatihan nanti disesuaikan dengan minat dan bakatnya,” katanya.

Saat ini, menurut Rahmat pihaknya memberi kesempatan bagi Rohimah untuk beristirahat dan berkumpul bersama orangtua dan keluarganya yang lain. Jika telah siap, nanti Rohimah bisa menjalani pelatihan keterampilan yang diperlukan.

“Kita juga tadi menawarkan fasilitas rumah aman di P2TP2A Garut jika memang perlu tempat istirahat menenangkan diri dan melepas trauma, karena ada psikolog yang bisa mendampingi, tapi kita juga menghargai keinginan Rohimah untuk kumpul dengan keluarganya,” katanya. (*)

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/03/175251578/disiksa-majikan-di-bandung-barat-rohimah-kapok-kerja-jadi-art-pilih-tinggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke