Salin Artikel

Jawa Barat Siapkan Rp 20 Miliar untuk Tanggap Darurat Gempa Cianjur

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dana BTT sudah disiapkan untuk biaya rekonstruksi rumah warga yang rusak.

"BTT Rp20 miliar juga sudah kita siapkan untuk kebutuhan tanggap darurat. Walaupun komitmen dari Presiden untuk rekonstruksi yang Rp 50 juta rusak berat, rusak sedang Rp 25 juta, dan rusak ringan Rp 10 juta juga terus kita sosialisasikan dari anggaran APBN," kata Emil, sapaan Ridwan, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).

Emil menuturkan, Pemprov Jabar sudah mengeluarkan dana sebesar Rp 2 miliar yang dibelanjakan untuk kebutuhan logistik bagi ribuan korban.

Saat ini, para korban masih memerlukan barang yang bersifat darurat.

"Ada yang butuh selimut, terpal, kemudian kalau makanan dapur umum, juga makanan bayi, popok, obat-obatan karena ISPA sudah mulai meninggi statistiknya, obat sakit kepala parasetamol, kita siapkan," paparnya.

Emil sempat bermalam di Cianjur selama dua hari untuk memantau proses evakuasi para korban.

Berdasarkan pantauannya, banyak warga terdampak yang memilih tidak tinggal di pusat pengungsian.

"Tidak semua warga ingin ngungsi ke skala besar, jadi ada dinamika itu. Apa pun pilihan dua-duanya kita akomodasi, kita cari solusinya,” katanya.

Emil juga menginstruksikan para pejabat Pemprov Jabar untuk mendampingi tiap camat di Cianjur untuk memastikan segala kebutuhan warga tercukupi.

“Hari ini sudah saya putuskan setiap kecamatan punya bapak asuh dinas-dinas dari Pemprov, jadi satu kecamatan akan ada dua dinas, dipimpin para kepala dinas untuk bertanggung jawab mengurus semua urusan kebutuhan warga di Kecamatan yang jumlahnya 12 yang terdampak, itu cara kongkrit kita,” jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/24/070650878/jawa-barat-siapkan-rp-20-miliar-untuk-tanggap-darurat-gempa-cianjur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke