Salin Artikel

Indeks Literasi Keuangan Masyarakat Jabar Naik Menjadi 56,10 Persen

BANDUNG, KOMPAS.com - Indeks literasi keuangan masyarakat Jawa Barat naik menjadi 56,10 persen. Jumlah ini naik cukup signifikan dibanding 2019 yang hanya 37,43 persen.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono mengatakan, peningkatan literasi keuangan ini memperlihatkan pemahaman kepada masyarakat terkait produk dan jasa keuangan meningkat.

"Untuk terus meningkatkannya kami terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk sosialisasi dan mengedukasi," ujar Indarto, Selasa (29/11/2022).

Seperti sosialisasi dan edukasi keuangan para kepala desa di Majalengka. Ini dilakukan karena kepala desa merupakan garda terdepan dalam penyebaran informasi kepada para warganya.

Indarto mengungkapkan, penggunaan produk dan jasa keuangan merupakan salah satu yang tidak terlepaskan dalam kehidupan sehari-hari.

Ditambah dengan kemajuan teknologi, memungkinkan penyedia layanan keuangan untuk menghadirkan produk dan jasa keuangannya secara lebih cepat, fleksibel, dan efisien.

"Namun perlu diwaspadai risiko yang timbul, yakni kurangnya pengetahuan yang dapat membawa kepada keputusan pemilihan produk yang salah, tidak sesuai kebutuhan dan malah merugikan. Karena itu, literasi keuangan harus ditingkatkan agar terhindar dari risiko-risiko tersebut," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/29/232754778/indeks-literasi-keuangan-masyarakat-jabar-naik-menjadi-5610-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke