Salin Artikel

Atasi Trauma Pasca-gempa, Siswa SD Pasirbanen Cianjur Jalani "Trauma Healing"

CIANJUR, KOMPAS.com – Sejumlah murid sekolah dasar di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menjalani kegiatan trauma healing di lapangan terbuka, Rabu (30/11/2022).

Puluhan murid SD Negeri Pasirbanen, Desa Mekarjaya, Kecamatan Mande, Cianjur, ini tampak antusias mengikuti setiap sesi permainan yang dipandu para instruktur.

“Senang bisa ketawa-ketawa lagi. Apalagi ada hadiahnya juga,” kata Pahni Oktaviani (12) salah seorang siswa kelas VI, Rabu pagi.

Pahni kini tinggal di posko pengungsian bersama orangtua dan warga lain karena rumahnya rusak.

Pahni mengaku takut untuk masuk ke dalam rumah karena masih terjadi gempa susulan.

“Jadi takut kalau ada di bawah bangunan, ke sekolah juga, mending diam di lapang saja,” ujar dia.

Seorang guru SDN Pasirbanen Yayu Sri Rahayu mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan dengan melibatkan seluruh siswa dan guru.

“Supaya anak-anak didik kami tidak jenuh selama sekolah diliburkan, apalagi banyak yang menjadi korban terdampak juga. Beberapa dari mereka kini terpaksa tinggal di posko pengungsian karena rumahnya rusak,” kata Yayu kepada Kompas.com, Rabu.

Yayu mengatakan, kejadian gempa utama ditambah gempa susulan yang masih terjadi hingga saat ini, siswa menjadi trauma berada di dalam ruangan. Beberapa anak bahkan tidak mau masuk ke dalam kelas.

“Berada di ruangan berlama-lama mereka takut, kemarin saja waktu dengar akan sekolah lagi, mereka banyak yang tidak mau," ujar dia.

Yayu menuturkan, kondisi sekolahnya sendiri mengalami kerusakan di bagian dinidng dan atap.

“Satu lokal kondisinya rusak berat, dan beberapa lokal lain jebol di bagian atap dan dindingnya retak-retak. Tidak memungkinkan untuk dipakai sebelum ada perbaikan,” ujar Yayu.

Pihak sekolah berharap, melalui kegiatan trauma healing kondisi psikis siswa perlahan membaik dan kembali bersemangat.

“Melalui kegiatan ini, sejenak untuk melupakan kesedihan. Anak-anak tadi juga tampak sangat antusias dan ceria,” imbuhnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/30/131158878/atasi-trauma-pasca-gempa-siswa-sd-pasirbanen-cianjur-jalani-trauma-healing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke