Salin Artikel

Gempa Cianjur, Enam Pasar dan 218 Ruko Rusak

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat, dari 22 pasar yang ada di Cianjur, enam pasar mengalami kerusakan akibat gempa yaitu Pasar Rakyat Cipanas, Pasar Rakyat Ciranjang, Pasar Cigombong, Pasar Warungkondang, Pasar Muka dan Pasar Induk Cianjur.

“Perdagangan di pasar tidak ada masalah, dari sisi kerusakan bervariasi namun tidak ada pasar yang roboh. Pantauan kami di kecamatan yang terdampak berat aktivitas jual beli masih belum normal, karena masih fokus pada penanganan bencana," kata Kepala Disperindag Jabar Iendra Sofyan dihubungi lewat telepon seluler, Kamis (1/12/2022).

Iendra mengatakan, di luar enam pasar yang terdampak, kegiatan jual beli di kecamatan yang tidak terdampak berat akibat gempa dipastikan tetap berjalan normal.

Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jabar mencatat 218 unit ruko atau kios mengalami kerusakan. Paling banyak, terjadi di Pasar Cipanas sebanyak 132 kios.

Sementara fasilitas umum di pasar yang rusak terbanyak di Pasar Warungkondang dengan tiga fasiltas, dan 10 kantor pasar rusak.

“Total ada 218 kios rusak, tiga fasum, dan 10 kantor pasar,” tuturnya.

Meski begitu, Iendra menuturkan, perdagangan di pasar lain dipastikan tetap berjalan dengan baik.

Bahkan beberapa pasar yang ada di Cianjur juga turut menjadi tujuan donatur atau relawan untuk membeli bantuan bagi para korban gempa.


Sama halnya dengan aktivitas industri, Iendra memastikan industri di Cianjur sudah berjalan normal karena tidak berada di wilayah terdampak gempa.

“Industri normal. Sudah berjalan seperti biasa,” ujarnya.

Disperindag Jabar sudah mendirikan Posko Bersama di tiga desa yakni Mekarjaya, Kutawaringin, dan Pademangan Kecamatan Mande, Cianjur.

“Ada bangunan yang rusak atau ambruk, tapi tidak seberat kecamatan lain. Di Mande, hanya dua desa yang agak berat, Mekarjaya dan Kutawaringin desa lainnya insyaallah aman,” tuturnya.

Disperindag Jabar terus mendistribusikan dan mengkoordinasikan kebutuhan para pengungsi yang ada di Kecamatan Mande.

Iendra juga memastikan terus melakukan pendataan di lapangan guna mendapatkan keterangan lebih lengkap terkait dampak gempa.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/01/104607878/gempa-cianjur-enam-pasar-dan-218-ruko-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke