Salin Artikel

Kawal Rekomendasi UMK Bandung Barat 2023 Naik 27 Persen, Buruh Akan Demo ke Gedung Sate

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) merekomendasikan kenaikan upah minimum kota/kabupaten (UMK) 2023 sebesar 27 persen.

Untuk mengawal besaran rekomendasi tersebut agar tidak berubah, buruh dari Bandung Barat akan berunjuk rasa ke Gedung Sate atau kantor Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Seperti diketahui, jika rekomendasi yang diajukan ke Pemprov Jabar disetujui, maka UMK Bandung Barat naik dari Rp 3.248.283,26 pada 2022 menjadi Rp 4.125.675,67 pada 2023 atau naik sekitar Rp 877.392,39.

Ketua FSPMI KBB, Dede Rahmat mengatakan, untuk memastikan rekomendasi kenaikan UMK KBB tahun 2023 tidak berubah di meja gubernur, ribuan buruh berencana akan turun ke jalan dengan kekuatan penuh.

"Kita akan kawal usulan ini agar tidak berubah, jadi selama dua hari kita akan demo di Gedung Sate pada 1-2 Desember 2022," ujar Dede dikutip dari Tribun Jabar, Kamis (1/12/2022).

Untuk itu, ia meminta Ridwan Kamil tidak mengubah rekomendasi kenaikan UMK KBB yang telah disampaikan Pemda KBB berdasarkan hasil rapat pleno dewan pengupahan.

"Kita tidak mau usulan ini tiba-tiba berubah atau dikembalikan pihak provinsi agar direvisi, seperti penetapan UMK pada tahun sebelumnya," kata Dede.

Dia mengatakan, usulan tersebut sudah ditetapkan melalui rapat pleno dewan pengupahan, sehingga bakal menjadi percuma jika keputusannya tiba-tiba digugurkan.

Selain itu, penetapan kenaikan UMK KBB tahun 2023 sebesar 27 persen itu sudah berdasarkan survei kebutuhan hidup layak di tiga pasar yang ada di Bandung Barat.

"Dasarnya survei kebutuhan layak, jadi jangan diubah lagi, sebenarnya besaran upah itu hanya cukup bagi buruh untuk bertahan hidup saja," ucapnya.

Sementara kebutuhan lain seperti untuk pendidikan atau lainnya tidak dihitung.

Karena itu, dengan melihat kondisi ini, kata Dede, minimal Pemrov Jabar mempertahankan angka kenaikan UMK itu atau jangan sampai berkurang.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kawal Rekomendasi Kenaikan UMK 27 Persen Tak Berubah, Buruh Bandung Barat Akan Demo di Gedung Sate

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/01/214458878/kawal-rekomendasi-umk-bandung-barat-2023-naik-27-persen-buruh-akan-demo-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke