Salin Artikel

Gempa Darat Magnitudo 6,4 Guncang Garut, Warga: Serasa Diayun

Gempa hampir dirasakan di semua kawasan Kabupaten Garut yang terbagi dalam 42 kecamatan, getaran paling besar dirasakan warga yang tinggal di kawasan Garut Selatan.

"Serasa diayun-ayun, besar sekali kerasa-nya," jelas Imas (30), warga Kampung Tipar Desa Tipar Kecamatan Cikelet, saat dihubungi tidak lama setelah gempa terasa.

Meski guncangan gempa terasa kuat, menurut Imas sepengetahuannya tidak ada kerusakan yang terjadi di sekitar lingkungannya. Namun, warga sempat berhamburan keluar rumah.

Terpisah, Dedeh (50) warga Kampung Ranca hayam Desa Mekarsari Kecamatan Cibalong yang berbatasan langsung dengan laut mengungkapkan, guncangan gempa memang dirasakan cukup kuat. Namun, sepengetahuannya tidak ada kerusakan di lingkungannya.

"Berasa memang kencang, warga sempat keluar rumah," katanya.

Keterangan resmi yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika lewat website resminya, gempa bumi berkekuatan 6,1 tersebut berpusat di darat, tepatnya di wilayah Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut pada kedalaman 109 kilometer.

Gempa yang terjadi merupakan gempa tektonik yang merupakan jenis gempa menengah jika dilihat dari pusat lokasi gempa dan kedalamannya yang diakibatkan adanya aktivitas lempeng Indo-Australia yang memiliki mekanisme pergeseran.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/03/184322278/gempa-darat-magnitudo-64-guncang-garut-warga-serasa-diayun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke