Salin Artikel

Sandiaga Uno Minta UMKM Buat E-Katalog untuk Bersaing dengan Produk Impor China

BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk bersaing dengan produk impor, khususnya dari China, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diminta mendaftarkan produknya ke e-katalog milik pemerintah.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menkoparekraf) Sandiaga Uno dalam ‘Pesta Wirausaha Nasional’ di Bandung, Minggu (22/1/2023).

“Untuk para UMKM, segera daftarkan usahanya karena komunitas seperti Tangan Di Atas (TDA) memiliki perjuangan dan semangat yang sama untuk meningkatkan kualitas dan kelas UMKM kita,” ujar Sandiaga.

Menurutnya, UMKM ini memiliki kontribusi yang besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu peningkatan ekonomi.

“Oleh karena itu, pemerintah akan berpihak, memberikan ruang, dan saya akan berjuang untuk berada di tengah para UMKM memberikan solusi dan motivasi,” ucapnya.

Menurut Sandiaga, para pelaku UMKM jangan takut untuk bersaing dengan produk impor. Secara kualitas, produk UMKM Indonesia tak kalah bagus dari produk luar negeri.

“Dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, sekarang tidak perlu khawatir UMKM kita tidak bisa bersaing dengan produk impor, karena jika didaftarkan di katalog elektronik atau e-katalog, baik itu lokal, nasional, atau sektoral. Maka wajib hukumnya dari pemerintah untuk membeli produk-produk UMKM walaupun harganya lebih tinggi dari produk serupa dari luar negeri,” jelasnya.

Presiden Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Ibrahim M Bafaqih menuturkan, para pengusaha yang tergabung dalam TDA dapat berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi.

“TDA salah satu bagian dari meningkatkan ekonomi di Indonesia dan dengan adanya pesta wirausaha dengan tema recover and grow together, ini menyemangati kembali setelah pandemi dan supaya kewirausahaan kembali bangkit,” ujar Ibrahim.

Sebelumnya, Pesta Wirausaha Nasional yang digagas Komunitas TDA digelar di Youth Center Sport Jabar pada 21–22 Januari 2023. Event ini sekaligus menandai ulang tahun ke-17 TDA.

Dalam 17 tahun perjalanannya, TDA menjadi komunitas pengusaha terbesar di Indonesia, tersebar di 102 kabupaten/kota dan 4 negara, dengan lebih dari 30.000 anggota terdaftar.

Direktur Pesta Wirausaha TDA 7.0, Roskar mengatakan, event ini menjadi momentum pelaku usaha bangkit dan bertumbuh di era pascapandemi Covid-19.

“Pesta Wirausaha Nasional kali ini adalah momennya bagi para pelaku usaha, khususnya teman-teman UMKM di Bandung untuk bisa bangkit kembali setelah dihantam badai pandemi,” pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/01/23/053043078/sandiaga-uno-minta-umkm-buat-e-katalog-untuk-bersaing-dengan-produk-impor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke