Salin Artikel

Profil Atalia Praratya, Istri Ridwan Kamil yang Kerap Disapa Ibu Cinta

KOMPAS.com - Sosok Atalia Praratya yang biasa dikenal masyarakat sebagai Atalia Kamil adalah istri dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Setelah Ridwan Kamil menyatakan resmi bergabung dengan Partai Golongan Karya (Golkar), nama Atalia Praratya juga santer disebut akan masuk dalam bursa calon Wali Kota Bandung (Pilwalkot Bandung).

Dilansir dari Kompas.com (31/01/2023), Atalia menjelaskan bahwa Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, telah merestuinya untuk berpolitik dan maju pada Pilwalkot Bandung mendatang.

Walau begitu Atalia menyampaikan bahwa ia masih harus membicarakan hal itu dengan keluarganya, karena ia merasa masih harus mendukung Kang Emil yang tengah fokus menyambut gelaran Pemilu 2024.

Santernya nama Atalia Praratya yang disebut akan masuk dalam bursa Pilwalkot Bandung memang bukan tanpa alasan.

Sosok Atalia Praratya yang memiliki panggilan akrab Bu Cinta ini memang telah dikenal dekat dengan masyarakat, khususnya di Jawa Barat.

Berikut adalah profil lengkap dari sosok Atalia Praratya,yang dirangkum oleh Kompas.com.

Profil Atalia Praratya

Dr. Hj. Atalia Praratya, S.IP., M.I.Kom. merupakan sosok wanita kelahiran Bandung, 20 November 1973. Hal ini berarti pada tahun 2023 umur Atalia Praratya akan menginjak 50 tahun.

Mulai dari sekolah dasar hingga kuliah, Atalia diketahui menempuh pendidikannya di Bandung.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA 5 Bandung, Atalia melanjutkan pendidikan diploma di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran (Unpad).

Selanjutnya ia lulus dari pendidikan strata satu yang ditempuh di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Parahyangan.

Di tengah kesibukannya sebagai istri gubernur dan seorang ibu, Atalia rupanya masih memprioritaskan pendidikan.

Atalia Praratya baru-baru ini lulus dari program Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan yudisium Cumlaude.

Adapun judul disertasi yang ditulisnya berjudul "Pengaruh Pengembangan Program Komunikasi Instruksional Sekolah Nonformal ‘Sekoper Cinta’ Terhadap Perilaku Peserta Didik di Provinsi Jawa Barat".

Sidang promosi Doktor Atalia yang dipimpin langsung Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dilaksanakan di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, pada Senin (10/10/2022).

Karir Atalia Praratya

Kegiatan Atalia antara lain mendampingi kegiatan Ridwan Kamil dan menjalankan tugas sebagai istri gubernur.

Salah satunya, Atalia menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat serta Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat.

Di samping aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat, Atalia Praratya juga disibukkan dengan berbagai pekerjaan lain.

Atalia Praratya diketahui menjadi dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Widyatama.

Ia juga menjabat sebagai komisaris PT. Urbane Indonesia, yaitu Konsultan Arsitektur yang didirikan Ridwan Kamil bersama Achmad D. Tardiyana, Reza A. Nurtjahja, dan Irvan P. Darwis.

Selain berkarir, Atalia Praratya juga menulis beberapa buku dan sempat mendapat penghargaan IKAPI Awards 2022 dalam kategori Promoter Literacy.

Pernikahan Atalia Praratya dan Ridwan Kamil

Atalia Praratya menikah dengan Ridwan Kamil diketahui berlangsung di Bandung pada 7 Desember 1996.

Pernikahan Atalia Praratya dan Ridwan Kamil dikaruniai dua orang anak yaitu Emmeril Kahn Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra.

Mereka kemudian mengadopsi seorang anak laki-laki yang diberi nama Arkana Aidan Misbach, tepat pada Hari Anak Nasional 23 Juli 2020 lalu.

Anak pertama mereka, Emmeril Kahn Mumtadz meninggal dalam musibah di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss pada usia 23 tahun.

Jasad Emmeril Kahn Mumtadz yang biasa disapa Eril, ditemukan di Bendungan Engehalde, di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Rabu (8/6/2022) pagi.

Setelah dipulangkan ke Indonesia, Eril kemudian dimakamkan di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung yang merupakan tanah kelahiran sekaligus kampung halaman Atalia Praratya.

Sumber:
kompas.com (Editor : Dian Ihsan, Muhamad Syahrial)
unpad.ac.id  
fisip.widyatama.ac.id  
jabarprov.go.id  
tribunnewswiki.com  
surabaya.tribunnews.com  
style.tribunnews.com 

https://bandung.kompas.com/read/2023/02/02/183822578/profil-atalia-praratya-istri-ridwan-kamil-yang-kerap-disapa-ibu-cinta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke