Salin Artikel

Lampu Jalan Sepanjang Jalur Mudik di Karawang Banyak yang Rusak dan Komponennya Hilang

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Karawang Agus Kurnia mengatakan, PJU di sepanjang jalur mudik mulai dari Tanjungpura hingga Jatisari idealnya ada sekitar 760 titik. Namun saat ini hanya ada 300 titik.

"Kurang 400-an titik," kata Agus di Kantor Dishub Karawang, Rabu (7/2/2023).

Selain itu, kata Agus, dari 300 PJU yang ada, beberapa di antaranya rusak atau hilang komponen panel suryanya hingga mulai meredup.

"Banyak aduan warga soal PJU, seperti di Purwasari hampir tidak ada yang di median jalan. Adanya beberapa di pinggir. Padahal idealnya di tengah," kata dia.

Karena jalan tersebut jalan Nasional, maka Dishub Karawang tengah mengajukan penambahan PJU dari mulai Tanjungpura hingga Jatisari.

Agus mengaku sudah bertemu dengan Dirjen Perhubungan membahas soal hal itu. Dirjen telah menyanggupi asal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bersedia untuk menanggung biaya, pajak hingga pemeliharaan.

"Saya sudah lapor pimpinan dan disanggupi. Kami tinggal tindak lanjut. Nanti yang masang dari kementerian, kita (Pemkab Karawang) penerima manfaat aja. Tinggal perawatannya nanti oleh kita," ujarnya.

Selain pada jalur mudik yang berstatus jalan Nasional, Agus mengakui jika persoalan PJU mendominasi keluhan yang masuk ke Dishub Karawang. Tak terkecuali keluhan yang masuk ke Tanggap Karawang (Tangkar).

Hanya saja, ia mengakui pengadaan PJU tak bisa serta merta dilakukan. Lantaran ada mekanisme yang perlu dilakukan. Apalagi saat pandemi Covid-19, mayoritas anggran difokuskan untuk kesehatan.

"Pengaduan banyak, pengadaan sedikit," kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2023/02/07/161712378/lampu-jalan-sepanjang-jalur-mudik-di-karawang-banyak-yang-rusak-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke