Salin Artikel

Seekor Ular Piton Nongol dari Kloset, Warga Cibinong Bogor Tak Jadi BAB

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Seekor ular piton atau sanca kembang sepanjang 1 meter nongol dari dalam kloset kamar mandi rumah warga di Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/2/2023) dini hari.

Kemunculan ular itu menghebohkan seisi rumah.

Pemilik rumah yang pertama kali melihat keberadaan ular tersebut kaget bukan main. Dia terpaksa tak jadi buang air besar (BAB) karena kloset di kamar mandinya telah dikuasai ular.

Pemilik rumah bernama Bayu itu kemudian melaporkan kemunculan ular ke kantor pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor.

"Kejadiannya Rabu jam 01.30 WIB, kami dapat laporan dari pemilik rumah. Kemudian tim langsung ke lokasi melakukan penyelamatan dan pertolongan darurat ular sanca (piton)," kata Komandan Regu (Danru) 2 Rescue Damkar Kabupaten Bogor, Nuriyadi saat dihubungi, Rabu.

Nuriyadi mengatakan, kemunculan ular itu pertama kali diketahui oleh pemilik rumah saat hendak ke kamar mandi.

Saat berada di dalam, ia tiba-tiba melihat seekor ular sanca muncul dari kloset. Bayu pun terkejut. Ular sanca itu kembali memasuki pipa pembuangan lewat lubang kloset rumah.

"Pemilik rumah sempat berinisiatif untuk mengeluarkan ular tersebut dengan cara mengguyur lobang pipa menggunakan air panas. Tapi pas ditungguin selama 1 jam ular itu tidak keluar sama sekali," ungkapnya.

Karena khawatir, sambung Nuriyadi, pemilik rumah melapor ke Damkar untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Mendapati laporan itu, 6 personel tim rescue Damkar langsung merespons menuju ke lokasi menaklukkan ular tersebut.

Lokasi yang tak begitu jauh membuat petugas tiba secepatnya di rumah warga tersebut. Ternyata, ular sanca kembang tersebut ada di kloset kamar mandi.

Pada malam buta itu, petugas sempat kesulitan mengevakuasi lantaran ular sanca itu terus bersembunyi di dalam kloset.

Berkat kerja keras, ular sanca tersebut akhirnya takluk di tangan enam personel Damkar. Ular sanca itu berhasil ditarik menggunakan alat grab stick snake atau alat penjapit. Ular itu pun langsung dimasukkan ke dalam karung.

"Evakuasi dilakukan selama 2 jam dan petugas tiba di mako pukul 03:30 WIB," sebutnya.

Nuriyadi memastikan, tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan oleh ular sanca tersebut. Situasi saat ini, ular sudah ditangkap dan pemilik rumah sudah kembali merasa aman.

https://bandung.kompas.com/read/2023/02/08/153116178/seekor-ular-piton-nongol-dari-kloset-warga-cibinong-bogor-tak-jadi-bab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke