Salin Artikel

Anggota DPRD Sukabumi Ditodong Senapan Calon Kades, Diduga karena Kalah Pemilihan

KOMPAS.com - Seorang anggota dewan di Sukabumi ditodong senapan oleh calon kepala desa. Kejadian diduga dipicu karena kekalahan sang calon kades dalam Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi yang ditodong senjata api itu adalah Ujang Abdurohim Rochmi alias Dewan Batman.

Sedangkan calon kades kalah yang menodongkan senjata adalah saudaranya. Ia diduga marah karena sang anggota dewan tidak mendukungnya meski bersaudara.

Saat dikonfirmasi, Dewan Batman mengatakan, penyerangan terjadi Senin (20/3/2023). Saat itu ia sedang berada di rumahnya.

Namun tiba-tiba datang calon Kades membawa senapan. Dalam foto yang beredar, senapan terlihat berbentuk panjang dengan corak warna orange dan hitam ditodongkan kepada Dewan Batman.

"Saya lagi ngobrol dengan beberapa teman, dengan pak ustad, tiba-tiba datang Bom Bom (calon kades kalah) bawa senjata langsung menodongkan senjata ke saya sama yang lainnya," ujarnya dikutip dari Tribun Jabar.

Dewan Batman yang kaget langsung berlari ke dalam rumah lalu masuk ke kamar untuk menghindari amukan calon kades.

"Sampai ngejar, saya masuk ke rumah masuk kamar, termasuk istri yang dikejar Bom Bom dan ditendang-tendang pintu kamar," jelasnya.

Kondisi pun berhasil kondusif setelah aparat kepolisian mengamankan situasi di rumah Dewan Batman.

Informasi diperoleh, permasalahan dipicu perbedaan pilihan antara Dewan Batman dengan Abdur Rohman Rochmi (Bom Bom). Padahal, Dewan Batman dan Bom Bom masih bersaudara.

"Kalau di lokasi di rumah kondusif, penjagaan masih, di desa, di rumah saya juga masih ada beberapa anggota dari polsek maupun dari pihak Polres. Iya keluarga, adik, mungkin iya (karena beda dukungan), kalau beda dukungan wajar," kata Dewan Batman.

Diketahui, dalam PAW itu terdapat tiga calon, yakni Sirodjudin, Aris Irvan Haryadi dan Abdur Rahman Rochmi. Dalam PAW itu dimenangkan Sirodjudin.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, mengatakan, peristiwa itu dapat diredam oleh anggota Polsek Ciemas yang mengamankan di lokasi.

"Gak ricuh, hanya perbedaan pendapat saja. Bisa diredam oleh anggota polsek yang pengamanan di lokasi," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Anggota DPRD Sukabumi Ditodong Senapan Calon Kades yang Kalah, Diduga Tak Mendukung Meski Saudara

https://bandung.kompas.com/read/2023/03/21/081428978/anggota-dprd-sukabumi-ditodong-senapan-calon-kades-diduga-karena-kalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke