Salin Artikel

Diduga Terima Gratifikasi, Bupati Hengky Kurniawan Siap Dipanggil KPK

KOMPAS.com - Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengaku siap bila dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan penerimaan gratifikasi dalam proses rotasi, mutasi, dan promosi jabatan ASN di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

Pernyataan itu dilontarkannya untuk menanggapi laporan aktivis pemuda Bandung Barat kepada KPK atas dugaan yang ditujukan untuknya tersebut.

Hengky mengatakan, masyarakat berhak memiliki aspirasi termasuk yang terkait dengan isi gratifikasi tersebut.

"Namanya juga isu, tentu jika masyarakat meluapkan aspirasinya ya sah-sah saja, membuat isu begini-begini, tapi kan kita insyaallah on the track," kata Hengky, dikutip dari TribunJabar.id, Jumat (26/5/2023).

Menurut Hengky, pihaknya pun sebelumnya telah menduga bakal adanya persoalan semacam ini. Pasalnya, dia melanjutkan, pasti ada ketidakpuasan dari sejumlah pihak terhadap keputusan rotasi dan mutasi di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

"Apalagi ini memasuki tahun politik, tapi saya yakin masyarakat sudah paham dan cerdas, ini afiliasinya ke mana, siapa yang bergerak, dan dasarnya apa," ujar Hengky.

Usai adanya laporan tersebut, Hengky menyampaikan, pihaknya langsung memanggil semua organisasi perangkat daerah (OPD) karena dalam proses rotasi, mutasi, dan promosi terdapat banyak usulan dari OPD.

"Jangan sampai ada sesuatu, dan saya yakin, insyaallah mereka (OPD) memiliki integritas karena di awal saya selalu sampaikan pada saat pelantikan, jangan sampai bermain-main. Kalau ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan, laporkan," ujar Hengky.

Belum dimintai klarifikasi KPK

Sementara itu, Hengky mengaku, KPK belum meminta keterangan darinya terkait dugaan gratifikasi tersebut.

Meski begitu, dia menegaskan, pihaknya siap memberikan keterangan yang sejelas-jelasnya bila KPK memanggilnya.

"Sebagai warga negara yang baik, kita memberikan keterangan yang sejelas jelasnya. Nanti dugaan-dugaan itu waktu yang akan menjawab. Insyaallah kita on the track dan tidak melanggar aturan yang ada," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Isu Dugaan Gratifikasi Rotasi Mutasi di Bandung Barat Terus Bergulir, Hengky Siap Dipanggil KPK"

https://bandung.kompas.com/read/2023/05/26/220312178/diduga-terima-gratifikasi-bupati-hengky-kurniawan-siap-dipanggil-kpk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke