Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkar Saung 'Mewah' di Lapas Sukamiskin, Pemerintah Akan Bangun 'Saung' Baru

Kompas.com - 25/07/2018, 17:50 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah membongkar sekaligus membersihkan saung 'mewah' di Lapas Sukamiskin, di lokasi yang sama pemerintah akan kembali membangun sarana prasarana tempat kunjungan representatif bagi para napi

Seperti diketahui, Satgas Kamtib Lapas dan Rutan se-Jawa Barat membongkar saung di Lapas Sukamiskin sejak Selasa (24/7/2018) pukul 17.00 hingga Rabu (25/7/2018) sekira pukul 00.30 Wib. 

Saung yang merupakan salah satu fasilitas 'mewah' di Lapas para koruptor itu difungsikan sebagai tempat kunjungan.

Pembongkaran pun dilakukan lantaran saung tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya, apalagi saung yang dibiayai oleh para napi itu hanya dipergunakan oleh napi-napi tertentu saja.

Baca juga: Napi Tipikor Biayai Pembangunan Saung Mewah di Lapas Sukamiskin

"Sesuai yang disampaikan bu Dirjen kemarin, akan dibuatkan tempat yang representatif untuk kunjungan dan itu digunakan untuk semua bukan untuk pribadi," katanya.

Meskipun saat ini, ruang kunjungan sendiri memang sudah disediakan pihak lapas. Adapun lokasi tempatnya berada diantara kantor dan blok hunian.

Meski begitu, setelah pembongkaran saung yang dibiayai para napi itu, nantinya pemerintah akan kembali membuatkan fasilitas umum atau tempat kunjungan yang lebih representatif di lapas tersebut.

"Tempat kunjungan satu tempat saja. Oleh karenanya besok akan dibuatkan saung yang dibikin negara jadi fasum yang ada di lapas," jelasnya.

Plh Kalapas Sukamiskin Kusnali menambahkan bahwa setelah dilakukan pembongkaran terhadap saung 'mewah' itu, pemerintah akan kembali membangun ruang khusus kunjungan. 

"Nanti akan segera dibangun sarana yang bisa dimanfaatkan semua napi," jelasnya.

Kompas TV Penertiban tak hanya pada fasilitas di dalam sel namun saung atau gazebo untuk kunjungan tamu juga ditertibkan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com