Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Bandung Oded Tunjuk Ema Sumarna Jadi Plh Sekda Kota Bandung

Kompas.com - 01/11/2018, 21:22 WIB
Putra Prima Perdana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Masa tugas Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Evi Saleha berakhir per hari ini, Kamis (1/11/2018). Untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda tersebut, Wali Kota Bandung Oded M Danial menunjuk Ema Sumarna untuk melanjutkan jabatan Plh Sekda Kota Bandung menggantikan Evi Saleha.

“Masa jabatan Bu Evi sebagai Plh sudah habis. Nah, sekarang saya tunjuk Plh ke Pak Ema. Jadi Pak Ema sekarang jadi Plh,” kata Oded saat ditemui di Pendopo, Kota Bandung, Kamis malam.

Lebih lanjut Oded menjelaskan, belum dilantiknya Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung definitif lantaran hingga saat ini dia masih ‘kekeuh’ untuk mengganti nama Benny Bachtiar yang telah disepakati oleh Gubernur Jawa Barat (jabar) dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Sekda definitif.

Oded lebih memilih menjadi Ema Sumarna yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung sebagai Sekda Kota Bandung, bukannya Benny Bachtiar yang telah disepakati Gubernur dan Kemendagri.

Baca juga: Kemendagri Tetap Putuskan Benny Bachtiar Jadi Sekda Kota Bandung

Oded pun mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sesuai mandat Kementerian Dalam Negeri dalam proses penggantian nama tersebut.

“Dalam surat Kemendagri harus ada koordinasi dengan Gubernur. Kalau saudara wali kota mau ganti nama, maka koordinasi. Saya kan sudah melaksanakan amanat surat tersebut,” ucapnya.

Tanggapan Ridwan Kamil

Sementara itu, beberapa hari lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Balai Kota Bandung mengatakan hingga saat ini dirinya masih mencari solusi agar polemik Sekda Kota Bandung tidak berkepanjangan.

“Saya belum bisa berkomentar, masih saya komunikasikan dengan Pemkot Bandung. Dicari solusi terbaik. Ada prosedur-prosedur yang harus dilalui, ada hal-hal yang harus didiskusikan,” tuturnya.

Baca juga: Tolak Benny Bachtiar Jadi Sekda Kota Bandung, Oded Ajukan Ema Sumarna

Pria yang akrab disapa Emil ini membantah jika Gubernur Jawa Barat menjadi penentu siapa yang ditunjuk menjadi Sekda Kota Bandung.

“Keputusan bukan di Gubernur, tapi ada di Kementerian Dalam Negeri, saya hanya penyampai saja. Kalau kata Mendagri A saya sampaikan A, kalau kata Mendagri B saya sampaikan B,” jelasnya.

“Karena Gubernur adalah perwakilan pemerintah pusat. Jangan diasumsikan gimana Gubernur. Semua urusan pelantikan pejabat itu keputusan Mendagri,” sambungnya.

Emil pun membenarkan jika Wali Kota Bandung kembali mengirimkan surat ke Kemendagri meski surat sebelumnya yang meminta penggantian nama dari Benny Bachtiar ke Ema Sumarna telah dijawab dengan isi surat menyarankan agar Wali Kota Bandung melantik terlebih dahulu Benny Bachtiar sebagai Sekda.

“Ternyata ada surat lagi, ya saya sampaikan lagi ke Kemendagri untuk di jawab,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com