Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 87 Mortir Ditemukan di Rumah Warga Bandung, Diserahkan ke Pihak TNI

Kompas.com - 05/03/2019, 22:56 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah dilakukan penggalian dan penyisiran selama enam jam, tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Jabar, mengevakuasi kurang lebih 87 mortir di halaman salah satu rumah warga di Jalan Ir H Djuanda atau Dago, tepatnya di samping Gang Cinta Wangi, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Sampai malam ini, sudah ditemukan hingga 87 mortir," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema, yang ditemui di lokasi, Selasa (5/3/2019).

Tumpukan puluhan mortir yang tertimbun di dalam tanah ini awalnya ditemukan oleh salah seorang tukang yang tengah melakukan renovasi kanopi depan garasi rumah itu.

Ketika menggali lubang untuk fondasi, linggis tukang beradu dengan benda seperti besi. Ketika diangkat, ternyata mortir.

Baca juga: Mortir yang Ditemukan di Rumah Warga Bandung Diperkirakan Lebih dari 10

Polisi yang mendapatkan laporan kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), hingga berkoordinasi dengan tim Jibom Brimob Polda Jabar.

Penggalian dilakukan petugas mulai Selasa siang pukul 14.00 WIB hingga malam pukul 20.30 WIB.

Berdasarkan pantauan di lapangan, lokasi penemuan telah dipasangi garis polisi di gerbang yang menjadi akses masuk ke rumah putih tersebut.

Mortir yang dievakuasi tersebut sudah tampak usang dengan tanah cokelat yang menempel di bagian badannya. "Seperti ditanam yang rapi di dalam tanah," kata Irman.

Setelah dikumpulkan, rencananya mortir ini akan diserahkan ke Paldam III Siliwangi untuk dianalisa lebih lanjut. "Akan diserahkan ke Paldam III Siliwangi untuk dianalisa," kata Irman.

Kepolisian bersinergi dengan TNI akan melakukan pendalaman dan penyelidikan lebih lanjut tentang sumber atau keberadaan granat mortir itu sendiri.

Warga ataupun awak media sendiri dilarang untuk mendekati lokasi penemuan sebagai antisipasi keamanan.

Senada dengan Irman, Dandim 0618 BS Letkol Inf M Herry Subagyo mengatakan, sudah 87 mortir ditemukan.

Baca juga: Dikira Knalpot, Mortir Ditemukan Tertimbun di Halaman Rumah

 

Namun, pihaknya tidak bisa memprediksi apakah kondisi dari seluruh mortir ini berfungsi atau tidak.

"Kondisi dari 87 ada yang sudah rusak tapi kami tidak bisa memprediksikan bahwa itu rusak total atau tidak bisa berfungsi, tapi ada beberapa bagian yang masih bagus, dan kami khawatirkan itu bisa meledak setiap saat kalau tidak diperhatikan dengan benar," ujar dia.

Karenanya, untuk sementara, pihaknya akan mensterilkan terlebih dahulu benda yang diduga mortir tersebut dari lokasi penemuan ke tempat yang lebih aman.

"Setelah semua aman tak ada aktivitas, nanti kami geser ke lokasi yang lebih aman ke gudang amunisi milik Paldam," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com