Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi dan Penemu Video Diduga Kades di Bogor Arahkan Dukung Jokowi Dicecar Puluhan Pertanyaan

Kompas.com - 04/04/2019, 13:00 WIB
Afdhalul Ikhsan,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor memeriksa saksi dan penemu video viral kepala desa (kades) di Bogor yang diduga mengarahkan warga untuk memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) -Ma'ruf Amin.

"Saksi ada dua orang kemudian nanti menyusul penemu yang melaporkan ke Bawaslu. Sementara untuk kadesnya kita agendakan hari Jumat," kata Kordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kabupaten Bogor, Abdul Haris kepada Kompas.com, di Kantor Bawaslu Bogor, Jalan Pondol Rajeg Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (4/4/2019).

Baca juga: Bawaslu Panggil Kepala Desa di Bogor soal Video Viral Diduga Ajak Warga Pilih Jokowi

Bawaslu, penyedik polres hingga kejaksaan turut hadir dalam pemeriksaaan tersebut dan sudah menyiapkan puluhan pertanyaan untuk diajukan kepada saksi dan penemu.

"Standar pemeriksaan kita bisa sampai 25 sampai 30 pertanyaannya, tentu terkait dengan peristiwa itu status saksi kemudian sejauh mana saksi mengetahui," ujarnya.

Sedianya, kades telah memenuhi syarat formil materil sebuah peristiwa pelanggaran dan akan di bahas lebih lanjut.

Baca juga: Dilaporkan, Video Viral Kepala Desa di Bogor Diduga Arahkan Warga Pilih Jokowi-Maruf

Namun, kata Abdul, tergantung sejauh mana pelapor mampu menyampaikan isi video dibuktikan dengan fakta.

"Video ini yang disampaikan penemu sejauh mana akurasi video itu tentu dari sentra gakumdu akan menguji lebih dalam. Bisa jadi saksi bertambah atau kita anggap cukup," bebernya.

"Idealnya batas waktu 14 hari kerja dan ini memang mendekati pemilu  Tentu kita musyawarahkan dengan sentra gakumdu, polisi dan kejaksaan agar secepatnya selesai," tambahnya.

Seperti diketahui, video viral seorang kepala desa berinisial T diduga mengarahkan warga untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Video yang viral itu terjadi di Desa Cidokom, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com