Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Dubes Belgia, Ridwan Kamil Tawarkan Bisnis Sapi

Kompas.com - 12/06/2019, 17:37 WIB
Dendi Ramdhani,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dengan Duta Besar Belgia untuk Indonesia H.E. Stephane De Locker di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (12/6/2019).

Dalam pertemuan itu, Ridwan mengajak Belgia untuk menjajaki kerja sama pengembangan sapi Belgian Blue di Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Emil itu berharap kerja sama itu bisa memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi warga Jabar.

"Jadi kebutuhan daging sapi di Jabar itu dari 100 persen kita hanya bisa menyuplai 30 persen, 70 persennya harus diimpor. Oleh karena itu kita minta didatangkan perusahaan dari Belgia berinvestasi. Sapi Belgia ini kan terkenal ke seluruh dunia. Belgian Blue ini gede-gede, kita akan fokuskan itu di jangka pendek," kata Emil usai pertemuan.

Baca juga: Soal Proyek Meikarta, Ridwan Kamil Tunggu Arahan KPK

Emil menambahkan, kerja sama sapi itu juga bisa dikaitkan dengan program one pesantren one product.

"Satu pasantren satu produk salah satu bisnisnya itu sapi. Tadi disebutkan demand-nya kan tinggi sekali, ini sedang akan kita titipkan di jangka pendek," ujarnya.

Terkait investasi jangka panjang, Emil membuka peluang para investor asal Belgia untuk menanamkan modal di kawasan segitiga Rebana sebagai wilayah pengembangan ekonomi baru di Jabar.

"Tadi saya menawarkan Rebana beliau tertarik. Karena akan dijadikan KEK, dalam tiga empat bulan statusnya sedang difinalisasi oleh Kemenko Perekonomian. Terus ada puluhan lokasi sudah siap, mudah-mudahan salah satunya diambil investasinya oleh perusahaan dari Belgia," jelasnya. 

Baca juga: Ridwan Kamil Ingatkan Kepala Daerah Jaga Persatuan

Sementara itu, Duta Besar Belgia H.E. Stephane De Locker mengatakan, sektor peternakan memang menjadi isu utama yang dibicarakan dalam pertemuannya itu.

Ia mengatakan, peluang itu cukup terbuka mengingat Belgia sudah bekerja sama dalam pengembangan sapi di wilayah Bogor.

"Isu yang kami diskusikan juga adalah pengembangan kualitas ternak. Salah satu proyek yang sudah kami investasikan ada di Bogor," ujar Stephane.

Baca juga: Ridwan Kamil Segera Bahas Masalah Pengangguran Bersama Bupati Bekasi Baru

Menurut Stephane, pertemuan itu akan dilanjutkan dalam beberapa bulan ke depan. Ia berjanji bakal membawa para pengusaha asal Belgia untuk mengamati peluang investasi di Jabar.

"Ada beberapa proyek serta inisiatif yang bisa membuat masa depan Jawa Barat bersinar. Bulan Oktober akan datang delegasi penting bisnis Belgia ke Jawa Barat. Kunjungan delegasi Belgia nanti untuk berbagai sektor, seperti infrastruktur, produksi makanan, produk makanan halal, dan berbagai sektor industri lainnya yang bisa diaktifkan baik di Jawa Barat maupun Belgia," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com