Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Jabar Imbau Sesama Kader Harus Panggil "Kang Bro" dan "Teh Sis"

Kompas.com - 11/01/2021, 00:18 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com – Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Barat Syaiful Huda menggagas gaya baru sapaan sesama, yakni "Kang Ajengan", "Kang Bro" dan "Teh Neng" atau "Teh Sis".

Hal itu digagas Huda dalam pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW PKB Jawa Barat, di GH Universal Hotel, Jalan Setia Budi, Kota Bandung, Sabtu (9/1/2021).

Huda mengatakan, perubahan cara menyapa itu bertujuan untuk membumikan misi yang telah dijadikan jargon PKB Jabar, yakni "Peduli Umat, Melayani Rakyat". Misi itu kemudian dimanifestasikan dalam sapaan yang akrab sesama kader.

“Inilah cara kita untuk mendekatkan diri dengan masyarakat terutama dengan para milenial. Untuk itu saya ingin semua kita ketika bertemu kita menyapa dengan sapaan ‘Kang Ajengan atau 'Kang Bro’. Kalau perempuan ‘Teh Neng’ atau ‘Teh Sis’,” ujar Huda dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (10/1/2021).

Baca juga: PKB Jabar Rombak 600 PAC, Pengurus Dipegang Anak Kiai yang Masih Muda

Huda meminta gaya sapaan itu dijadikan kebiasaan setiap hari, termasuk untuk anggota dewan dari PKB.

Menurut Huda, semua kader PKB harus menjadi Kang Ajengan di mana-mana dan mengurus pondok pesantren, masjid, dan surau-surau yang ada yang kadang ditinggalkan.

"Anggota dewan bahkan sering lupa kalau dirinya adalah Kang Ajengan,” kata Huda yang merupakan ketua Komisi X DPR RI ini.

Selain itu, kata Huda, sapaan Kang Ajengan itu menunjukkan jati diri kader sebagai santri dan ini merupakan cita-cita bersama. Sebab, semua santri yang tergabung di PKB semuanya harus menjadi santri walupun dia sudah menjadi anggota dewan.

"Jangan malah menjadi anggota dewan tapi lupa kesantriannya,” kata Huda.

Sementara panggilan "Kang Bro" dan "Teh Sis", kata Huda, digunakan dalam konteks misi melayani rakyat.

Sementara itu, berdasarkan hasil Muswil PKB Jabar, Syaiful Huda ditetapkan kembali sebagai ketua tanfidz DPW PKB Jabar untuk lima tahun ke depan. Sementara Acep Jamaludin ditunjuk sebagai sekretaris DPW. 

Baca juga: PKB Jabar Minta Ulama Pilih Tokoh untuk Pilkada Serentak 2020

Selanjutnya Aceng Adang Ruhiyat sebagai ketua Dewan Syuro DPW PKB dan Sidkon Djampi ditetapkan sebagai sekretaris Dewa Syuro PKB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com