Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Dukung Pemekaran Kota Merauke

Kompas.com - 29/09/2011, 14:35 WIB

MERAUKE, KOMPAS.com - Bupati Merauke Romanus Mbaraka menegaskan pihaknya mendukung penuh pemekaran Kabupaten Merauke menjadi Kabupaten Merauke dan Kota Merauke. Pihaknya juga m endukung pembentukan Provinsi Papua Selatan sebagai pemekaran dari Provinsi Papua.

"Pembentukan Kota Merauke memang jadi komitmen kita semua dan juga mulai didorong Provinsi Papua Selatan," ungkap Bupati Merauke Romanus Mbaraka.

Ia membantah, pendapat sejumlah pihak yang menyatakan dirinya tidak setuju dengan pemekaran Kabupaten Merauke. Selama ini, ungkap Romanus, pihaknya bersama mantan Bupati Merauke Johanes Gluba Gebze yang konsisten mendorong pemekaran Kabupaten Merauke dan pembentukan Provinsi Papua Selatan sebagai pemekaran Provinsi Papua . Provinsi Papua Selatan direncanakan meliputi wilayah Papua Selatan yakni Kabupaten Asmat, Merauke, Mappi, dan Boven Digoel.

Sebelumnya, Gubernur Papua pada Juni 2011 mengeluarkan surat keputusan persetujuan pembentukan calon Kota Merauke sebagai pemekaran Kabupaten Merauke dan calon Kabupaten Muyu sebagai pemekaran kabupaten Boven Digoel.

Pemprov Papua secara resmi telah mengajukan usulan pembentukan calon Kota Merauke dan calon Kabupaten Muyu kepada Menteri Dalam Negeri. Gubernur telah mengeluarkan rekomendasi untuk mengusulkan ke presiden , katanya.

Romanus mengaku telah bertemu Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri utnuk menindaklanjuti usulan pemekaran kabupaten Merauke. 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com