Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Representatif dan Kekinian, Ridwan Kamil Bakal Renovasi Masjid Pusat Dakwah Islam

Kompas.com - 05/12/2018, 08:30 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan merenovasi Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai). Ia menilai, Masjid Pusdai perlu didesain ulang lantaran kondisinya yang mulai tua dan kusam.

Hal itu dikatakan Ridwan saat menghadiri rangkaian Milad Masjid Pusdai ke-21, Selasa (4/12/2018).

"Renovasinya belum di 2019. Karena masih tahun untuk assesment apa yang harus diubah disempurnakan, mungkin tahun 2020 total, menjadi bangunan yang representatif, bagus dan kekinian," kata Emil, sapaan akrabnya.

Ia berkisah, Masjid Pusdai merupakan proyek pertamanya di dunia arsitektur. Saat itu, ia masih magang pada arsitek Slamet Wirasonjaya. Konsep masjid itu terinspirasi dari masjid di Turki dengan ciri khas kubah bertumpuk.

Baca juga: Ridwan Kamil Kembangkan Tiga Wisata di Bandung Barat

"Jadi, saya buka di sini. Dari sekian banyak proyek, Masjid Pusdai ini proyek pertama saya jadi saya sangat hapal betul setiap lekuk bangunan ini," ujarnya.

Karena itu, ia menitipkan kepada pengurus masjid agar turut menyukseskan beragam program berdimensi keislaman. Seperti kajian, wakaf mikro, kredit mesra dan wirausaha, tempat komando satu desa satu hafiz, poliklinik kesehatan gratis warga, dan pengembangan seni Islam.

"Karena kita melihat ada draft Alquran inspirasi motifnya dari tanah Sunda yang harus dipamerkan dan dipopulerken. Jadi, kira-kira ada 10 poin yang saya titipkan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Pusdai Choirul Anam mengatakan, anggaran renovasi Pusdai diperkirakan menyentuh angka Rp 7,8 miliar.

Ia menyebut, kondisi Masjid Pusdai memang perlu direnovasi.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Menteri PUPR akan Bantu Revitalisasi Kalimalang

"Memang kondisi sekarang Pusdai ini sangat memprihatinkan, catnya enggak tahu warnanya ini (kusam). Sebelum renovasi besar cat ini akan diprioritskan dan bagian yang udah bocor atap-atapnya," ucapnya.

Kesemrawutan juga tampak di luar area Masjid yang kerap jadi tempat mangkal pedagang kaki lima (PKL). Ia pun mengaku siap untuk memfasilitasi penataan PKL Pusdai.

"Padahal masih ada lahan yang mungkin bisa dilakukan seperti Ciwalk dan lebih terpelihara jangan sampai kesan masjid kumuh," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com