Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Ciamis "Ngagubyag Balong" Syukuran Jokowi-Ma'ruf Menang Pilpres

Kompas.com - 21/04/2019, 12:03 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ratusan warga di Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar acara "ngagubyag balong" sebagai rasa syukur calon presiden nomor urut satu Joko Widodo-Maruf Amin, unggul versi hitung cepat Pilpres 2019.

Mereka sengaja berkumpul dan mengelar hiburan menangkap ikan secara bersama-sama di sebuah kolam tanpa alat alias pakai tangan kosong. Kegiatan ini, rupanya selain bisa menghibur juga dapat membawa ikan ke rumahnya masing-masing untuk dimasak.

"Ini bentuk rasa syukur dari warga Cimaragas atas kemenangan Jokowi-Maruf Amin dalam pilpres lalu. Warga ngobeng bareng, lalu mancing dan gotong-royong perbaikan jalan lingkungan," jelas tokoh masyarakat setempat, Undang Sudrajat, Minggu (21/4/2019).

Baca juga: Syukuran Kemenangan Jokowi-Maruf, Warga di Subang Ngagubyag Balong

Undang menambahkan, warga patungan membeli ikan hampir 5 kuintal untuk acara ngabubyag balong alias kolam ikan tersebut. Kolam dibagi menjadi dua lokasi acara tersebut, yakni khusus laki-laki dan perempuan.

Acara semakin meriah ketika warga yang basah-basahan turun ke kolam untuk menangkap ikan dengan tangan kosong.

"Ini ramai sekali, acara seperti ini juga bisa mempererat silaturahmi," pungkasnya.

Baca juga: Ulama Muda dan Santri di NTB Gelar Syukuran Kemenangan Jokowi-Maruf

Salah satu warga, Asep Tedi Budi Bakti (46), mengatakan, dalam acara ini semua warga bercengkrama dan terlihat bahagia. Candaan dan tawa lepas masyarakat terlihat menghiasi acara yang dimulai sejak pagi hari tersebut.

"Kegiatan ini memyenangkan. Kita berebut ikan sesama warga, sambil bisa tertawa lepas. Kita senang-senang saja bareng warga. Apalagi di desa kami, Jokowi menang dan nasional menang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com